Detik-detik Proklamasi di Alugoro Berjalan Khidmat

Sergap. co.id,

Kab. Pati, – Upacara Detik- detik Proklamasi tingkat Kabupaten Pati, Sabtu (17/8), tahun ini berbeda dari sebelumnya. Biasanya upacara selalu bertempat di Alun-alun Pati. Namun karena revitalisasi Alun-alun yang belum rampung, upacara tahun ini berpindah di lapangan Alugoro Pati. Kendati upacara tidak berada di Alun-alun Pati namun tak mengurangi kekhidmatan Detik- detik Proklamasi.

Bupati Pati Haryanto selaku inspektur upacara menjadi pembaca teks proklamasi pada saat Upacara Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-74 yang dimulai pukul 10.00 WIB. Pembacaan teks proklamasi dilakukan setelah detik-detik proklamasi yang ditandai dengan pembunyian sirine.

Dalam sambutan Gubernur Jateng yang dibacakan Bupati Haryanto mengemukakan, dalam masa perjuangan setelah
kemerdekaan ini sudah semestinya tidak
membedakan suku, agama atau pun ras. Tak
peduli warna kulit, rambut, jenis kelamin, kaya
ataupun miskin.

Selain itu, mengisi kemerdekaan ini juga dilakukan dengan memperhatikan anak-anak bangsa, dimana mereka harus dibekali dengan ilmu pengetahuan dan
semangat toleran, agar mereka juga bisa sampai ke Bulan, ke Mars, dan Galaksi lain dan tidak ketinggalan dengan negara lain.

Dalam sambutannya Ganjar Pranowo juga menegaskan bahwa Pancasila adalah harga mati untuk Indonesia.
“Pancasila sebagai dasar Republik adalah harga mati. Tidak bisa ditawar dan harus kita
tanam sedalam-dalamnya di Bumi Pertiwi,” kutip Haryanto saat membacakan sambutan gubernur.

Usai berakhirnya upacara, Bupati memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Pati yang mempunyai prestasi di tingkat internasional, nasional dan provinsi. Diantaranya kepada Christoper Edbert Setiabudi peraih Juara I Lomba Open Internasional De Karate, dan Agung Kusuma Jaya peraih Juara III Olympiade Sains Terapan Mostratec Brazil, dan sederet peraih prestasi tingkat nasional dan provinsi yang berasal dari pelajar, sekolah maupun masyarakat.

Tak hanya itu, sejumlah pemenang lomba dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 74 juga mendapatkan hadiah usai upacara. Seperti Lomba Gerak Jalan, Lomba Menyanyi Kepala OPD dan Lomba Tenis Meja antar OPD mendapatkan ucapan selamat dari Bupati Pati dan Forkopimda.

(Sabari/HMS)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.