oleh

Penyakit Jantung Dan Hipertensi Bisa Dicegah Dengan Olahraga, Tidak Merokok Dan Menjaga Pola Makan

-BERITA-1.034 views

SERGAP. CO.ID,

PESISIR SELATAN, – Penyakit jantung dan hipertensi dapat dicegah bila masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan berolah raga secara teratur, tidak merokok dan menjaga pola makan, salah satunya mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Demikian disampaikan Bupati Pessel, Hendrajoni, Kamis (29/8).

Kemudian penyakit lainnya seperti deman berdarah dapat dicegah melalui 3 M (menguras, menutup, mengubur plus membasmi) sarang nyamuk, menghindari gigitan nyamuk dan menciptakan lingkungan sehat bebas dari jentik nyamuk.

Sementara gizi buruk akan dapat dideteksi secara dini apabila balita selalu dibawa ke Posyandu setiap bulannya. Dalam hal ini peran bidan desa sangat penting untuk memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, katanya.

Lebih lanjut bupati mengatakan, terciptanya derajat kesehatan masyarakat, maka akan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) suatu bangsa.

“Oleh karena itu, derajat kesehatan, dan juga tingkat pendidikan serta perekonomian merupakan ukuran tinggi rendahnya IPM suatu bangsa. Hal ini juga menjadi perhatian pemerintah daerah,” ucapnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan derajat kesehatan, maka pemerintah melalui Kementerian Kesehatan melakukan berbagai program pemberdayan masyarakat melalui penguatan upaya kesehatan.

“Ya, untuk meningkatkan derajat kesehatan, maka pemerintah melalui Kementerian Kesehatan melakukan berbagai program pemberdayan masyarakat melalui penguatan upaya kesehatan,” ucapnya.

Bupati menambahkan, perilaku hidup sehat mesti dimulai dari diri pribadi dan rumah tangga untuk mencegah berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat dicegah itu seperti diare, malaria, penyakit jantung dan hipertensi, deman berdarah serta gizi buruk.

Dijelaskan, penyakit diare dapat dicegah melalui kebiasaan anggota keluarga mencuci tangan pakai sabun, minum air yang telah dimasak dan memanfaatkan sarana kesehatan serta memelihara lingkungan. Malaria dapat dicegah apabila pada daerah endemis selalu menggunakan kelambu pada saat tidur.

(Wempi Hardi, SH)

 757 total views,  2 views today

Komentar

NEWS