oleh

ODGJ Tetap Perlu Penanganan Medis

-BERITA-1.219 views

SERGAP.CO.ID,

PESISIR SELATAN, – Dinas Kesehatan Pessel bersama tim dari Puskesmas Koto Baru lakukan kunjungan kerja ke rumah Orang Dengan gangguan Jiwa (ODGJ) guna memberikan pelayanan kesehatan, Senin, (2/09/2019)

Hal tersebut diungkapkan Seksi PTM, Keswa dan Nafza Aswiliarti, SKM. M.Biomed mengatakan kegiatan ini rutin yang dilaksanakan Dinas Kesehatan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien kejiwaan di Kabupaten Pessel.

Senada dengan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Pessel Kadriadi, SKM. MM turut mengatakan kegiatan ini dilakukan melalui upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

Caption : program rutin Dinas Kesehatan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan jiwa melalui upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. 

“Dibutuhkan pendekatan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan Puskesmas terdekat,”katanya.

Ia melanjutkan Untuk pasien yang memerlukan Rehabilitas harus dirujuk ke RSJ Prof HB Saanin Padang untuk itu perlu dilakukan koordinasi dengan pihak keluarga dahulu.

“Untuk rehabilitasi harus didampingi keluarga pasien sedangkan jaminan kesehatan akan kami lengkapi karena itu terkait dengan pembiayaan,” terang Kadriadi.

Kadriadi menambahkan, terkait dengan ODGJ yang tidak memiliki pendamping (terlantar), dikatakan berdasarkan UU No 18 Tahun 2018 tentang Upaya Pelayanan Kesehatan, selain pihak keluarga, warga masyarakat atau tokoh masyarakat, LSM juga dapat melakukan pendampingan. Begitu juga dengan pemberian jaminan kesehatan bagi pasien jiwa yang terlantar, Dinas Kesehatan sudah berkordinasi dengan Dinas Sosial dan sedang dirancang untuk regulasinya.

“Selama ini ada pihak keluarga juga yang masih menutupi jika salah satu anggota keluarganya yang mengalami gangguan kejiwaan. Itu sebenarnya tidak baik, karena yang bersangkutan tidak mendapat penanganan secara medis,” tambahnya.

Bagi pasien yang sudah mendapatkan pengobatan dari Puskesmas, kepada keluarga agar melakukan kontrol bagi pasien untuk makan obat secara rutin.

(Wempi Hardi, SH)

 930 total views,  2 views today

Komentar

News Feed