Pelatihan Aplikasi Sapawarga Gelombang Keempat Digelar Diskominfo di Sindangkasih

SERGAP. CO.ID,

CIAMIS, – Diskominfo Kabupaten Ciamis kembali menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Sapawarga gelombang keempat dengan peserta dari Kecamatan Panumbaangan, Kecamatan Cihaurbeuti, Kecamatan Sindangkasih dan Kecamatan Cikoneng. Kamis (12/9), di GOR Desa Sukaraja Sindangkasih.Mengawali kegiatan, Kadiskominfo Kabupaten Ciamis Aef Saefuloh, S.Sos., M.Si. memberikan sambutan dan sekaligus membuka pelatihan secara resmi.

Aef menjelaskan program ini merupakan salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam bentuk inovasi pelayanan publik yang didesain responsif, integratif dan responsif dari Pemprov Jabar sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi warga masyarakat Jawa Barat.

“Aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Jabar dan Pemkab Ciamis dalam menyambut Revolusi Industri 4.0 sehingga diharapkan para peserta pelatihan mengikutinya dengan penuh keseriusan” ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Seksi Telematika Diskominfo Kabupaten Ciamis, Hendri Ridwansyah, ST., MM. menjelaskan bahwa pelatihan aplikasi sapawarga di Kabupaten Ciamis akan diselenggarakan sebanyak 7 gelombang dengan total peserta yang akan dilatih sebanyak 253 orang tersebar di Kabupaten Ciamis.Pelatihan diawali dengan instalasi aplikasi sapawarga pada gadget yang telah diterima oleh masing-masing perwakilan Ketua RW dan perangkat desa. Pelatihan ini menggunakan metode simulasi secara live view sehingga para peserta tidak kesulitan untuk mengikuti langkah-langkah penggunaan aplikasi.

Selanjutnya peserta diberikan akses masuk aplikasi sehingga bisa diketahui apa saja menu layanan yang ada pada aplikasi sapawarga tersebut yang diantaranya adalah menu Lapor, Usulan, Survey, Polling, Info Harga, dan e-samsat.Para Pendamping Lokal Desa pun mengikuti tahapan pelatihan dengan seksama karena diharuskan untuk membantu mensosialisasikan dan melatih perangkat desa dan Ketua RW lainnya yang tidak dapat mengikuti pelatihan pada kesempatan ini.

(M Soleh/**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.