Atasi Krisis Air Bersih, Dinas PUTR Bangun Pamsimas Disetiap Kecamatan

SERGAP. CO.ID,

PESISIR SELATAN, – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2019 mendapatkan alokasi anggaran yang cukup signifikan dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Era Sukma Munaf. ST. MT, melalui Kepala Bidang Cipta Karya (CK) Syahriwan. ST, didampingi Kasi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Andi. ST, Selasa 17 September 2019 mengatakan, Pamsimas dibangun tersebar di Kabupaten Pesisir Selatan dengan alokasi anggaran APBD, maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat. Ucapnya. 

Caption : Pembangunan Infrastruktur Air Minum Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler 2019

Dikatakannya, Saat ini program sedang berjalan untuk penyusunan rencana kerja masyarakat. Sedangkan untuk pembangunan fisik telah berlangsung beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, bahwa Pamsimas merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk menjawab keluhan masyarakat terkait persoalan wilayah yang memang termasuk rawan air bersih terutama pada musim kemarau.

“Oleh sebab itu, kita harapkan masyarakat mampu menjaga dan mengelolanya dengan baik melalui kelompok swadaya yang sudah dibentuk,” terangnya.

Berikut kegiatan dan sumber dananya, seperti, Pembangunan Infrastruktur Air Minum Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi 2019 sebesar Rp.4.587.756.000,- Tersebar di Kecamatan Lunang dan Kecamatan Silaut.

Pembangunan Infrastruktur Air Minum Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler 2019 sebesar Rp.3.260.511.000,- Tersebar di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Lengayang, Kecamatan Air Pura dan Kecamatan Pancung Soal.

Pembangunan Infrastruktur Air Minum Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan 2019 sebesar Rp.2.775.000.000,- Tersebar di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Bayang, Kecamatan Lengayang, Kecamatan Pancung Soal, Kec. Lunang dan Kecamatan Silaut.

Pembangunan Pamsimas Reguler Alokasi Pembelanjaan Daerah (APBD) sebesar Rp.1.207.934.000,- Tersebar di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Sutera, Kecamatan Linggo Sari Baganti dan Kecamatan Air Pura

Pembangunan Sanitasi DAK Reguler 2019 Rp. 2.205.808.000, Pembangunan Sanitasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi 2019 Rp.2.100.000.000,-

(Wempi Hardi. SH)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.