oleh

LTC Ampiang Parak Optimalkan Kawasan Ekowisata Dan Konservasi Pelihara Lingkungan Dan Biota Laut

-BERITA-799 views

SERGAP.CO.ID,

PESISIR SELATAN, – Laskar Turtle Camp (LTC) Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, diminta mengoptimalkan pengembangan kawasan Ekowisata dan Konservasi untuk pelihara lingkungan dan biota laut. Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal, Selasa (17/9).

Menurutnya, pemkab mengapresiasi langkah LTC dalam upaya pengembangan kawasan Ekowisata dan Konservasi yang kini terus dilakukan. Kegiatan itu juga mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah, lembaga sosial, BUMN dan lainnya.

“Pemkab Pessel mendukung penuh kegiatan pengembangan kawasan Ekowisata dan Konservasi yaitu dalam bentuk penanaman pohon cemara laut, bakau, pelestarian penyu serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ucapnya.

Sementara Ketua LTC Ampiang Parak, Haridman mengatakan, penunjang dari suatu ekonomi Kawasan Ekowisata yaitu aman, tertib, ramah, keindahan, kesejukan dan kenangan.

Terkait hal itu telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Dan Training Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Ekowisata
Dengan Tema Manajemen Pengelolaan Ekowisata.

Pelatihan diikuti Kelompok POKDARWIS, Kelompok UMKM,RESOLT,SENI BUDAYA, Kelompok Tim Penanggulangan Bencana, Kelompok Disabilitas, Pemerintah Nagari dan Dinas Pariwisata.

Setidaknya ada tiga pokok kajian materi yang dibahas yaitu Manajemen Pengelolaan Ekowisata, Daya Dukung Kawasan Ekowisata dan Pengurangan Resiko Bencana pada Kawasan Ekowisata.

“Saya berharap apa yang dipelajari melalui pelatihan hendaknya dapat terwujud dan terealisasi dengan baik. Untuk mencapai harapan tersebut, tentu tidak bisa dilakukan oleh beberapa orang saja, melainkan dengan bekerjasama baik dengan tim yang telah dibentuk maupun masyarakat,” ucapnya.

Menurut Haridman, tercapainya suatu tujuan, maka diperlukan jaringan dan terjalinnya kerjasama yang baik antara tim maupun masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan ekowisata.

“Dengan terjalinnya kerjasama yang baik antara tim dengan masyarakat yang ada di kawasan ekowisata tersebut, maka kita sanggup meraih kemajuan untuk nagari kedepannya,” ujar dia.

(Wempi Hardi, SH)
    

 1,254 total views,  2 views today

Komentar

NEWS