Pemkab Distribusikan 500 Kilogram Beras Pada Korban Abrasi Pantai Di Dusun Muaro

SERGAP. CO. ID,

PESISIR SELATAN, – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Aprianto mendistribusikan sebanyak 500 kilogram beras kepada 38 Kepala Keluarga (KK) korban bencana abrasi pantai di Dusun Muaro, Kampung Bukit Tambun Tulang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Selasa (1/10).

Zulfian Aprianto menyebutkan, selain 500 kilogram beras, pemkab juga menyalurkan sebanyak 6 dus makanan siap saji, 3 terpal tenda pengungsian dan lainnya.

“Saat ini sudah 18 KK korban abrasi pantai Dusun Muaro yang mengungsi di tenda milik Kementerian Sosial RI. Kondisi kesehatan para korban juga  terus dipantau oleh tim kesehatan dan Tagana yang selalu siaga di lapangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekdakab Pessel, Ir.Erizon, MT juga menyalurkan bantuan kepada korban abrasi pantai di Dusun Muaro yaitu perlengkapan bayi, selimut dan sembako.

Pada kesempatan itu sekda mengatakan, pemkab terus memantau berbagai kebutuhan pengungsi. Menurutnya, akibat abrasi pantai, sebagian kepala keluarga di Dusun Muaro mengungsi di tenda yang disiapkan pemkab, dan sebagian lagi menumpang di rumah sanak keluarganya.

Kejadian tersebut juga menyebabkan 38 unit rumah rusak berat dan tertimbun pasir, satu unit gudang ikan rusak berat, serta satu unit bangunan BUMNag rusak berat.

Khusus bagi rumah yang terdampak pihaknya berencana menyiapkan pemukiman baru sehingga warga setempat benar-benar aman dari ancaman abrasi pantai dan pasang air laut.

“Rencana penyiapan pemukiman baru  itu sesuai dengan pesan Bupati Hendrajoni kepada kami, saat ini beliau sedang di Jakarta untuk membicarakan hal itu,” kata sekda lagi.

(Wempi Hardi.SH)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.