oleh

Disdukcapil Kab. Majalengka, Lakukan Pelayanan Online Via WhatsApp, Antisipasi Mewabahnya Covid-19

-BERITA, JAWA BARAT-4.798 views

SERGAP.CO.ID

MAJALENGKA, – Mulai hari ini, Kamis (19/3) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka mulai menerapkan pelayanan secara online via handphone melalui WhatsApp atau sms ke nomor nomor yang sudah disiapkan. Hal ini dilakukan sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) untuk Disdukcapil se-Indonesia sementara ini tidak melakukan pelayanan secara langsung atau tatap muka. Demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Majalengka Tatang Rahmat, Kamis (18/3).

“Sejak ada himbauan baik dari Bupati Majalengka, dari Gubernur Jawa Barat ataupun arahan dari pemerintah pusat, kami mulai hari ini menerapkan pelayanan secara online, masyarakat Majalengka bisa menghubungi nomor nomor yang sudah kita siapkan sesuai dengan jenis kebutuhannya, jelas kadisduk capil, H. Tatang.

Dijelaskannya, masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil akan tetapi bisa melalui whashaapp atau pesan sms. Pelayanan dasar dalam pelayanan secara online ini yakni pembuatan akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan perceraian, pindah datang, perubahan elemen data, pembuatan kartu keluarga. Dan untuk pelayanan perekaman E KTP kami menghentikan sementara sampai 14 hari masa darurat corona berakhir.

“Disdukcapil dan kecamatan tidak melayani dulu perekaman E KTP selama dua pekan ini, ” ujar Tatang.

Selanjutnya, Disdukcapil menekan kunjungan masyarakat ke kantor tetapi melakukan pelayanan secara online. Hal ini kita lakukan dalam upaya mencegah dan ikhtiar dalam kewaspadaan penyebaran virus corona (covid-19).

“Untuk masyarakat yang sudah melakukan pelayanan secara online dengan menghubungi nomor yang dituju atas kebutuhan layanannya, tinggal menunggu kabar dari layanan online tersebut, bisa diambil kemudian di loket loket layana yang ia maksudkan, dan apabila dalam tiga hari tidak diambil maka prosedur kami akan kami kirim ke kantor pos, ” pungkas Tatang.

(Emma)

 3,985 total views,  20 views today

Komentar

News Feed