Tim Polda Sumbar dan Unand Nilai Pasia Laweh Palupuah Sebagai Nagari Tageh Berbasis Kaum Dirumah Gadang

SERGAP.CO.ID

KAB. AGAM, – Nagari Pasia Laweh yang berada Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam Sumatera Barat, ditunjuk sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang yang merupakan   wilayah hukum Polresta Bukittinggi.

Apapun bentuk aktivitas yang di lakukan oleh nagari Pasia Laweh harusa melibatkqn ninik mamak.13/1

Untuk mendapat nagari tageh Tim penilai dari Polda Sumbar dan NDC Unand Rumah Gadang Berbasis Kaum dihadiri Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri lansung turun daerah tersebut. 

Bupati Agam Indra Catri mengatakan Melalui Nagari Tageh akan ada resonansi keluar untuk memberikan penyadaran bagi masyarakat salah satunya untuk penanggulangan Covid-19.

Berbasis kaum,secara otomatis ninik mamak dalam kaum lah yang bertanggungjawab kepada anak kemenakannya, bahkan terbukti ampuh melindungi masyarakat dari laju penyebaran Covid-19 dan juga penyembuhannya,” jelasnya.

Pasia Laweh sedikit maju dibanding nagari lain di Agam, karena wali nagarinya cepat merespon dalam segala hal yang di targetkan pemerintah. 

“Maka apa yang dikerjakan di Pasia Laweh tidak hanya dinilai, tetapi juga diaktualisasikan dan diresonansikan, serta dikapitalisasikan sehingga bisa jadi prototipe dalam menghadapi pandemi ini yang kita  tidak tahu kapan berakhirnya. 

Nagari Pasia Laweh dapat di jadikan percontohan bagi nagari lain.Sehingga nagari tageh itu bukan hanya satu nagari dikecamatan Palupuh,Mengakhirinya.

(Zam

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.