oleh

DPRD” Kabupaten Tanah Datar Pelajari Regulasi Pemerintah Daerah Dalam Mengatur Tatalaksana Pasar Serikat ke Kabupaten Agam

SERGAP.CO.ID

KAB. AGAM, – Tentang pengelolan pasar,diskusi  berlangsung saat kunjungan kerja DPRD Kabupaten Tanah Datar ke DPRD Kabupaten Agam, Jumat (5/2).

Di kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tanah Datar, Agus Taufik menyebut pengelolaan pasar di Tanah Datar terutama pasar serikat belum bisa terlaksana. Pihaknya masih mencari solusi pengelolaan pasar dengan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pasar Dinas Koperindag UMKM Kabupaten Agam, Reza Oktafiendi memaparkan pengelolaan pasar serikat, salah satunya revitalisasi pasar di Kabupaten Agam.

Dijelaskanya, di Kabupaten Agam telah dilakukan pembangunan sebanyak 18 pasar dengan 21 kali pembangunan mengunakan dana APBD maupun dana DAK.

“Kabupaten Agam mempunyai 38 pasar di 16 kecamatan termasuk 8 pasar serikat,” sebutnya,berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Pasar. 

Manajemen pengelolaan pasar terpisah dari pemerintah nagari, terutama yang diselesaikan adalah penetapan status lahan pasar tersebut dangan penyerahan hak atau alas hak pasar ke pengelola pasar.

Pemkab Agam juga melakukan pembinaan-pembinaan kepada pengelola pasar terutama dalam laporan keuangan supaya pemasukan pasar tidak dinikmati oleh sekelompok orang,” ungkap Reza.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Agam, Irfan Amran mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut. Dikatakan, semoga kunjungan kerja itu dapat mempererat silaturrahmi,antara sesama anggota Dprd,guna membangun dan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. 

(Zam

 103 total views,  2 views today

Komentar

News Feed