oleh

Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Bidik Perpustakaan Nagari

SERGAP.CO.ID

KAB. AGAM, – Dinas arsip dan perpustakaan bidik perpustakaan Nagari,  untuk mendapatkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang telah di program sejak 2019 yang lalu. 

Kasi Pembinaan SDM dan Sistem Perpustakaan Dinas Arpus Agam, Jumiarti menyebutkan, Perpustakaan Nagari dipersiapkan sebanyak lima unit untuk mendapatkan program ini. Kamis 11/2

“Jumlah itu sesuai permintaan perpustakaan nasional, yang disampaikan dalam rapat evaluasi kegiatan beberapa bulan lalu,” Ucapnya. 

Dari lima perpustakaan nagari yang diminta perpustakaan nasional, baru tiga unit yang sudah ditunjuk untuk diusulkan. Sedangkan untuk pengusulan ditunggu permintaan dari perpustakaan nasional. “Ujarnya lagi. 

Adapun ketiga perpustakaan nagari itu yaitu perpustakaan Nagari Pasia Laweh, Padang Laweh, dan Sungai Tanang. Sisanya dua lagi masih dalam proses penunjukan.

“Syarat untuk mendapatkan program ini yaitu memiliki ruangan atau gedung sendiri, punya dana pendamping, komitmen kepala daerah dan walinagari untuk mengembangkannya, ujar Jumiarti.

Lanjutnya, Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial adalah untuk memperkuat peran perpustakaan umum, dalam meningkatkan kualitas SDM, sehingga kemampuan literasi meningkat yang berujung peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi.

Implementasi program itu, katanya, perpustakaan nagari akan diberikan bantuan prasarana berupa TV, komputer, printer, rak buku besi, buku, dan modem.

“Hingga kini di Agam sudah delapan perpustakaan nagari yang mendapatkan program ini terhitung sejak 2019,” Katanya.

Pada 2019 program ini diterima perpustakaan Nagari Manggopoh, Lubuk Basung, Sungai Pua, Padang Tarok, Koto Tangah, Ampang Gadang. Kemudian 2020 perpustakaan Nagari Duo Koto dan Sariak. “Mengakhirinya.

(Zam)

 133 total views,  2 views today

Komentar

News Feed