oleh

Pandemi Covid-19 Sangat Berdampak Terhadap Ekonomi, Pemuda Lubuk Panjang Membudidayakan Ikan Hias

SERGAP.CO.ID

KAB. AGAM, – Masa pandemi covid-19 masyarakat harus menjalani segala pembatasan aktivitas sosial. Tidak menutup kemungkinan adanya usaha yang terhindar dari kerumunan.

Seperti halnya yang dilakukan sekelompok pemuda di Lubuk Panjang, Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung. Mereka memanfaatkan waktu di rumahnya untuk membudidayakan ikan hias jenis cupang.

Salah seorang pemuda Tanga (20) mengatakan, memelihara ikan cupang adalah hobinya saat berada di kampus tempat ia menimba ilmu.

Diceritakannya, saat ini perkuliahan dilakukan secara daring, maka ia mengajak teman-teman yang ada di kampung saat ini, untuk bersama-sama membudidayakan ikan cupang, dengan harapan dapat menambah pemasukan selama libur.

“Saat ini kami telah membentuk kelompok yang beranggotakan sebanyak 11 orang. “Paparnya.

Ahmad Fadly menjelaskan, berawal dari 3 pasang ikan cupang yang dibudidayakan, sampai saat ini, pihaknya telah berhasil mengembangkan mencapai puluhan ekor ikan cupang.

“Alhamdulillah, kami juga sudah menjual beberapa ekor ikan cupang tersebut, dengan kisaran harga Rp5-10 ribu per ekor, tergantung dari besarnya dan jenis ikan tersebut,” Jelasnya.

Dikatakan lagi, ada 3 jenis ikan cupang yang dibudidayakannya, yaitu, jenis plakat, sisir atau serit, dan halfmoon.

“Dengan membudidayakan ikan cupang ini, semoga ke depannya dapat membantu perekonomian masyarakat, terutama teman-teman anggota kelompok,” Harapnya.

Melihat inisiatif pemuda yang kreatif Pj Wali Nagari Garagahan, Sefria Meli mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh pemuda di Lubuak Panjang.

Menurutnya, membudidayakan ikan hias cukup menjanjikan, karena di masa pandemi peminat ikan hias sangat banyak.

“Semoga ke depan usaha ikan hias tersebut, bisa lebih berkembang dan maju lagi, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan dapat lebih dikenal oleh masyarakat. “Pintanya.

(Zam

 225 total views,  2 views today

Komentar

News Feed