oleh

BKSDA Resor Agam Pasang Perangkap Beruang

SERGAP.CO.ID

KAB. AGAM, – Untuk mengantisipasi terjadinya konflik satwa dengan manusia, BKSDA Resor Agam memasang dua unit perangkap (box trap) di Jorong Padang Galanggang, Nagari Matur Mudiak Kecamatan Matur, Senin (15/02).

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan tujuan pemasangan perangkap adalah untuk evakuasi satwa langka dan dilindungi jenis beruang. Ucapnya

Dikatakan Ade “Pemasangan perangkap kita lakukan bersama aparat pemerintahan nagari dan warga yang berada di sekitar lokasi kemunculan satwa, hal ini bertujuan untuk mengevakuasi satwa agar tidak terjadi konflik,” ujarnya kepada AMC, Selasa (16/2).

Tercatat kemunculan satwa ini merupakan yang ketujuh kalinya. Titik kemunculan beruang yakni di Kelok 35, Kelok 42, Kelok 28, Jorong Sidang Tangah, Ambun Tanai, Nagari Bayur dan Kelok 43 Jorong Padang Galanggang.

Hasil analisa tanda-tanda keberadaan satwa, ulasnya, diperkirakan beruang itu berusia 10 tahun dan mengalami disorientasi atau tersesat dari habitatnya.

“Habitat beruang tersebut berada di kawasan hutan lindung yang lokasinya tidak jauh dari lokasi kemunculan,” Ungkapnya lagi.

(Zam

 144 total views,  2 views today

Komentar

News Feed