oleh

Diduga Tidak Transparan Kelola Dana Desa, Plt. Kades Sungaigelampeh Tomi J Pisa Dituntut Mundur

SERGAP.CO.ID

KERINCI, – Sejumlah warga Desa Sungai Gelampeh Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, menuntut Tomi J Pisa mundur sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala desa setempat.

Konon ……..Guru SD di Desa Sungai Betung Hilir Kecamatan Gunung Kerinci Kabupaten Kerinci ini yang diangkat menjadi Plt Kades diperkirakan sejak Februari 2020 lalu itu , diduga menggunakan dana dari pemerintah Kabupaten Kerinci tanpa musyawarah dengan perangkat desa maupun tokoh masyarakat setempat.

“Sejak dilantik sebagai Plt Kades pada Februari 2020 lalu, Tomi J Pisa selalu bertindak sesuka hati, dan semena mena dalam mengelola bantuan dari pemerintah pusat dan daerah tersebut.

Untuk itu, masyarakat dan BPD minta Plt. kades mundur dari jabatannya,” ujar salah seorang warga Desa Sungai Gelampeh M A kepada sergap dengan nada kesal.

Selain tidak transparan, ujarnya, setiap melaksanakan kegiatan belanja dengan dana desa, Plt. kades tidak pernah melalui musyawarah dengan aparatur desa maupun warga setempat.

“Semua kegiatan yang menggunakan uang DD tidak pernah ada musyawarah dan tidak ada papan informasi terkait proyek DD. Sehingga sulit bagi masyarakat untuk mengetahui besar anggaran yang telah digunakan,” ujarnya dengan nada kesal kepada sergap.

Sudah beberapa Tahun ini di Desa Sungai Gelampeh sedang melaksanakan pembangunan Gedung Serba guna dengan menggunakan DD Tahun Anggaran 2020 senilai kurang lebih RP: 600.000.000,-. Namun, Ketika Pencairan dan Pelasanaannya mulai berjalan, Ketua BPD dan Sekdes termasuk masyarakat tidak mengetahui sudah berapa banyak uang yang digelontorkan oleh Plt Kades Tomi J Pisa untuk anggaran pembangunan Gedung serba guna tersebut, karena tidak adanya papan informasi di lokasi proyek pembangunan gedung serba guna tersebut.

“Memang…….Kami warga desa sungai Gelampeh menyebutnya sebagai “proyek siluman” karena tanpa plang proyek, paparnya kepada sergap.

“Kami sebagai aparatur desa mulai dari Sekdes Ketua BPD serta masyarakat lain sudah tidak mengetahui lagi apa saja kegiatan desa. Bahkan semua urusan desa diambil alih oleh Plt Kades Tomi J Pisa tanpa melibatkan aparatur desa. yang menurut kami sangat penting juga sudah tidak dilibatkan,” Paparnya salah satu perangkat desa dan juga ketua BPD Kepada Sergap beberapa hari lalu dikediaman nya.

Sementara ketika berita ini diturunkan Camat gunung kerinci Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi belum bisa dihubungi.

Ditempat terpisah, Menurut ketua DPD Persatuan Wartawan Reaksi Cepat Pelacak Kasus (PWRCPK) Provinsi Jambi Rusdi Purnama, SP. Beliau meminta, Kapolda Jambi hingga Polres Kerinci Segera Usut dugaan Penyelewengan dana Desa Di Desa Sungai Gelampeh Kecamatan Gunung Kerinci, Jika Perlu Tangkap, Plt Kades Tomi J Pisa agar menjadi efek Jera bagi siapa saja yang akan mencoba merugikan keuangan Negara dan daerah.

(Tim)

 1,504 total views,  2 views today

Komentar

News Feed