oleh

Peduli Pendidikan, Ormas PERPAM Siap Menjadi Organisasi Penggerak Pendidikan

SERGAP.CO.ID

PANDEGLANG, – 0rganisasi Masyarakat , Pergerakan Pembela Aspirasi Masyarakat (Ormas PERPAM) siap menjadi organisasi penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang.

“Kami mengajak Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Pandeglang, yang berkiprah nyata di bidang pendidikan, bergabung mewujudkan pendidikan di kabupaten Pandeglang lebih bermutu dan bisa bersaing dengan kabupaten lain,” ungkap , Erland Felany Fazry, Ketua DPW PERPAM Provinsi Banten. Kamis (18/3/21)

Erland mengatakan, dengan kebersamaan Organisasi Penggerak diharapkan dapat menginisiasi program “Sekolah” yang idealnya memiliki tiga komponen.

Pertama, Kepala Sekolah memahami proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar. Kedua, Guru berpihak kepada anak dan mengajar sesuai tahap perkembangan siswa.

Ketiga, Siswa menjadi senang belajar, berakhlak mulia, kritis, kreatif, dan kolaboratif (gotong royong).

Untuk mendukung proses pembelajaran secara daring ini perlu adanya kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam hal ini adalah guru, siswa dan juga orang tua.

Guru sendiri perlu melakukan perombakan dalam hal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kondisi di masa pandemi serta semua SDM pun dituntut agar melek teknologi agar mampu memanfaatkan teknologi yang ada.

“Ini menjadi peran Orang tua , masyarakat dan pemerintah begitu juga bagi penggerak atau penggiat dalam pendidikan, untuk memberikan motivasi dan edukasi kepada anak agar anak giat belajar”ujarnya.

Menurut nya, Sistem pendidikan di kabupaten Pandeglang sudah sangat baik , tinggal memberikan kesadaran kepada masyarakat atau orang tua murid untuk terus mendorong anaknya bisa menjadi anak yang giat dalam belajar.

“Ketika kita berbicara tentang kualitas pendidikan sekalipun sarana dan prasarana menjadi bahan pokok pembahasan akan pentingnya kualitas pendidikan pada masa pandemi ini tentu saja diperlukan beberapa aspek pendukung standar proses pendidikan
Salah satu penyokong dalam proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini adalah ketersediaan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan murid” bebernya.

Lanjutnya, Bahwa di kabupaten Pandeglang PERPAM ada juga di setiap kecamatan bahkan tingkat ranting, makan dari itu PERPAM siap memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya kepada anak didik untuk sangat belajar serta Pihak nya akan mengadakan semacam sanggar baca untuk anak.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat, merespon baik gagasan yang ditawarkan oleh ormas PERPAM, karena menurut nya ini harus menjadi peran semua tidak hanya pemerintah.

“Ini sangat bagus , kami perlu ide-ide seperti ini, untuk memajukan pendidikan ini menjadi peran kita semua, Karen dalam sistem pendidikan Orang tua , masyarakat dan pemerintah Semua berapa, apalagi ini ada ormas yang peduli terhadap kondisi pendidikan sekarang,” ujarnya.

(Kamri S)

 2,040 total views,  6 views today

Komentar

News Feed