oleh

Penanaman Pohon Mangrove di Lokasi TMMD 110 Karawang

SERGAP.CO.ID

KARAWANG,– Sebagai bentuk peduli dalam pelestarian lingkungan, banyak cara bisa dilakukan misalnya saja melalui penanaman pohon. Dalam TMMD ke 110 Karawang turut berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yakni Penanaman Pohon Mangrove di Pantai Desa Sedari Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove. Karena, keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Tanaman bakau berfungsi utama sebagai pencegah abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai. Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa disekitar area itu. Saat ini sudah banyak lembaga dan elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan menanam mangrove, tujuannya tak lain untuk memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo menyampaikan kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bukti dan kepedulian TNI dalam melestarikan ekosistem di pesisir pantai Desa Sedari, Minggu (28/03/2021).

“Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya agar lingkungan tersebut, yang pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua,” ujar Dandim.

Masih Kata Dandim, Hutan mangrove dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk mengetahui sebanyak mungkin manfaat dari hutan mangrove.

“Selain itu juga, dengan diadakannya penanaman mangrove ini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut,” imbuh Dandim.

“Diharapkan, Kegiatan ini harus terus ditanamkan kepada generasi penerus atau generasi muda untuk turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang akan mendukung kehidupan masyarakat dimasa mendatang,” pungkas Dandim.

(Ahmad Z)

 1,596 total views,  4 views today

Komentar

News Feed