Kasal : Instruksi Panglima TNI Bulan April Vaksinasi Prajurit Harus Selesai

SERGAP.CO.ID

JAKARTA, – “Sesuai instruksi  Panglima TNI untuk memenuhi target vaksinasi Covid-19,  pada bulan April 2021 harus selesai dan terpenuhi semuanya” demikian  disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., saat melaksanakan peninjauan serbuan vaksinasi Covid-19 yang menargetkan 3000 personel  di Lapangan Hartono, Pasmar-1 Cilandak, Jakarta Selatan,   Senin, (29/3). 

Serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI AL pada tanggal 29 Maret 2021 ini  dengan target 10.500 personel terdiri dari Pasmar 1 Jakarta 3.000 personel, Pasmar 2 Surabaya 3.000 personel, Kodiklatal 1.500 personel, Koarmada II Surabaya 1.500 personel, dan Brigrif Marinir Lampung menargetkan 1.500 personel.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)., beserta pejabat teras TNI AL menerima penjelasan dari Kadiskes Kormar Kolonel Laut (K) dr. Ariyo S. Bintoro, Sp. U., dan Komandan Rumah Sakit TNI Angkatan Laut  Marinir (Danrumkitalmar) Cilandak Kolonel Laut (K/W) dr. Jati Barandini Prastiwi, MARS., terkait pelaksanaan vaksinasi prajurit  mulai dari proses registrasi, pengecekan tensi dan suhu, verifikasi, skrining, vaksinasi, observasi dan pemberian sertifikat telah divaksin.

Dihadapan awak media,  Kasal mengungkapkan bahwa hingga saat ini Prajurit TNI AL yang sudah melaksanakan vaksinasi   untuk  Tenaga Kesehatan (Nakes)  target 7.000 personel pencapaiannya mencapai  95,41%. Sedangkan non kesehatan target 63.178 personel pencapaiannya 60,36%. Jumlah keseluruhan personel TNI AL 70.178 personel. “Pelaksanaan vaksinasi  tidak ada kendala berarti, hanya perlu membutuhkan waktu dalam proses distribusi vaksin”, ucap Kasal.

Menurut Kasal,  dalam waktu dekat ini sebanyak  3.000 Prajurit TNI AL di Sorong Papua Barat  akan menerima vaksinasi yang bertempat di Koarmada III. Prajurit yang akan melaksanakan vaksin yakni Koarmada III, Pasmar-3 dan Lantamal XIV Sorong. 

Selain itu, Kasal juga menyampaikan bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki TNI AL di seluruh Indonesia bisa digunakan masyarakat setempat untuk kegiatan vaksinasi karena memiliki lapangan yang cukup luas. Masyarakat yang ingin memanfaatkan  sarana dan prasarana tersebut bisa koordinasi langsung dengan satuan-satuan kewilayahan TNI AL terdekat.

Pelaksanaan vaksinasi prajurit TNI AL dilaksanakan di Kotama-Kotama TNI AL dan Lantamal serta Lanal yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah. Khusus Satuan Kerja Mabesal dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Denma Mabesal, untuk vaksin pertama dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Maret dan vaksin kedua dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Maret 2021. 

Selain itu, TNI AL bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memberikan vaksinasi terhadap Purnawirawan TNI AL dengan target sebanyak 1.000 orang, yang hadir melaksanakan vaksin sebanyak 867 purnawirawan terdiri dari 447 orang dilaksanakan di Balai Samudera dan 420 orang di Graha Jala Bhakti, Pangkalan Jati. 

(Laoly)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.