oleh

Pangdam III/SLW Tinjau Pertamina Balongan Pasca Terjadi Ledakan

SERGAP.CO.ID

INDRAMAYU,- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto langsung meninjau Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu, Pasca terjadinya ledakan di RU VI PT Pertamina Balongan Indramayu Jabar, Senin (29/03/2021).

Setibanya di Pertamina, Pangdam yang didampingi Asintel, Asops, dan Asintel langsung disambut oleh Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri, Danrem 063/Sgj Kolonel Inf Elkines Dewangga dan melaksanakan pertemuan tertutup dengan GM Pertamina RU VI Hendri Agustian di Ruang Rapat Refinery Unit VI Balongan

Kebakaran di RU VI PT Pertamina Balongan terjadi dikarenakan tank product premium 42 T 301 A / B / C yang berlokasi di area kilang minyak PT. Pertamina RU VI Balongan mengalami kebocoran, cuaca saat itu sedang hujan rintik-rintik disertai sambaran Petir yang menyambar Pioa yang bocor sehingga menyebabkan ledakan dan menimbulkan kebakaran yang terjadi pada hari senin 29 Maret 2021 sekitar Pukul 00.15 WIB.

Akibat ledakan tersebut beberapa warga sekitar khususnya blok Kosambi Desa Balongan mengalami luka- luka yaitu 6 orang pengguna jalan mengalami luka bakar 30 % dan 16 orang warga balongan mengalami luka ringan dan rujuk ke RSPP bumi patra dan RSUD Indramayu. Sedangkan Kerugian materil, diantaranya kaca rumah pecah, tembok retak dl belum bisa ditaksir masih dalam pendataan di RW masing masing di 3 Kecamatan yaitu Juntinyuat (desa Limbangan dan sekitarnya), Kec.Balongan dan sebagian Kec. Indramayu.

Sementara untuk warga masyarakat di sekitar lokasi kilang RU VI Balongan desa Majakerta dan desa Balongan khususnya di blok kosambi yang lokasinya dekat dengan sumber kebakaran, khususnya wanita dan anak-anak melakukan evakuasi mandiri ke lokasi yg aman, kerumah saudara dan kerabatnya, juga ada yang mengungsi di tempat yang telah disediakan yaitu Balai Desa Balongan dan GOR Patra. Dengan jumlah pengungsi sementara 220 orang di Gor Bumi Patra Pertamina RU VI dan 250 orang di Balai desa Balongan mayoritas wanita dan anak anak.

Sekira Pukul 11.30 Wib Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Cahaya Purnama (Ahok) tiba di Pertamina RU VI Balongan Indramayu, disambut oleh Kapolda Jabar, Pangdam III/Slw dan GM Pertamina RU VI Balongan, selanjutnya menuju ruang transit dan melaksanakan rapat Internal PT Pertamina.

(M. Ali)

 1,455 total views,  2 views today

Komentar

News Feed