oleh

LP2TK Gelar Pelatihan GRAFOLOGI FORENSIK (GRAFONOMI)

SERGAP.CO.ID

BANDUNG, || “ Berbagai modus operandi kejahatan saat ini terus berkembang sehingga seringkali mengecoh proses pencarian kebenaran dalam penegakan hukum. Jika kurang hati – hati dan kurang cermat keilmuannya seringkali kita terjebak pada kesalahan fatal yang akan berimplikasi pada kerugian bagi orang lain. Lihat saja berbagai kasus Pemalsuan Tulisan Tangan atau Tanda Tangan yang sering terjadi, misalnya pemalsuan tanda tangan pada slip penarikan, cek, atau giro di dunia perbankan. Pemalsuan tanda tangan oleh pegawai perusahaan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Pemalusan tanda tangan pada surat pernyataan, surat kuasa, sertifikat tanah, atau dokumen penting lainnya. Pemalsuan tanda tangan pada form pengiriman dan penerimaan barang. Pemalsuan tulisan tangan dan tanda tangan pada surat wasiat. Beredarnya Surat Kaleng yang perlu diidentifikasi siapa penulisnya. Dan tentu banyak lagi kejahatan yang berbasis pada pemalsuan tulisan dan tanda tangan lainnya “, ujar Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan Profesi dan Teknologi Kepolisian (LP2TK) Dede Farhan Aulawi di Bandung, Senin (3/5).

Beranjak dari fakta dan realitas di atas, maka Pusdiklat LP2TK akan berbagi ilmu dalam bentuk pelatihan untuk menguji keaslian suatu tulisan tangan atau tanda tangan atau yang biasa disebut dengan GRAFONOMI.

“ Dengan kata lain GRAFOLOGI FORENSIK atau GRAFONOMI ini adalah Uji Otentifikasi Keaslian Tulisan dan Tanda Tangan “, ungkap Dede.

Lebih lanjut ia pun mengatakan bahwa pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali para peserta dengan kemampuan dalam melakukan analisis ilmiah proses tulisan dan tanda tangan, hasil goresan, serta keterampilan grafis lainnya, serta kemahiran dalam membongkar Rahasia dibalik Uji Keaslian Tulisan & Tanda Tangan Asli atau Palsu. Dengan demikian maka pelatihan ini akan memberikan manfaat dalam hal kemampuan menganalisa Otentifikasi (Keaslian) Suatu Tulisan dan Tanda Tangan, apakah dibuat oleh seseorang yang dimaksud atau bukan.

Adapun terkait dengan materi yang akan dibahas dalam pelatihan ini meliputi :

  • Pengenalan Document Examination
  • Prinsip Identifikasi Tulisan & Tanda Tangan
  • Prosedur & Teknik Perbandingan Dokumen
  • Teknik Uji Keaslian Tanda Tangan
  • Teknik Uji Keaslian Tulisan Tangan
  • Pembuatan Laporan Temuan
  • Mikroskop Digital & Aplikasi ”Measurement”

“ Mudah – mudahan materi ini mampu meningkatkan profesionalitas kerja aparat di bidang penegakan hukum, sehingga kebenaran bisa terungkap secara ilmiah “, pungkas Dede.
Informasi lebih lanjut hubungi :
Ibu Nuni : 0813-8330-7997
Ibu Lilis : 0878 37705505
Ibu Ines : 0813-2498-5928

(Depe)

 550 total views,  2 views today

Komentar

News Feed