Pangdam XII/Tpr Buka Latihan Pratugas Penebalan Satuan BKO Kodim Persiapan di Wilayah Indonesia Timur

SERGAP.CO.ID

SINGKAWANG, || – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad membuka Latihan Pratugas Penebalan Satuan BKO Kodim Persiapan di Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari TA 2021 bertempat di lapangan Secaba Rindam XII/Tpr, Jalan Pasir Panjang, Kota Singkawang. Kamis (20/5/21).

Latihan Pratugas Satuan BKO Kodim Persiapan Gelombang III di wilayah Indonesia Timur ini diikuti sebanyak 84 prajurit yang berasal dari berbagai satuan jajaran Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam amanatnya mengatakan, bagi seorang Prajurit TNI, penugasan ke daerah operasi merupakan salah satu wujud nyata pengabdiannya kepada negara dan bangsa serta suatu tugas kehormatan yang dipercayakan kepadanya.

Untuk itu, kata Pangdam, demi keberhasilan pelaksanaan tugas operasi, perlu dilaksanakan latihan Pratugas guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel pengganti Satuan BKO di Wilayah Kodam XVII/Cen dan Kodam XVIII/Ksr, serta memberikan wawasan tentang Pembinaan Teritorial khususnya di daerah rawan konflik dan wilayah perbatasan.

“Agar para Prajurit memahami dan menguasai tugas-tugas teritorial serta mampu menerapkan Lima Kemampuan Teritorial sesuai dengan perkembangan saat ini,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Pangdam menyampaikan, Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD merupakan fungsi utama disamping fungsi pertempuran dan pembinaan kekuatan, sehingga diperlukan penyesuaian terhadap penjabaran strategi Binter ke dalam kegiatan Binter yang aplikatif bagi personel pengganti Satuan BKO Kodim Persiapan sesuai tuntutan situasi dan kondisi masing-masing wilayah.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan kepada seluruh Prajurit, agar melaksanakan latihan Pratugas ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

“Sehingga dapat meningkatkan naluri tempur dan kemampuan kalian dalam melaksanakan kegiatan teritorial di wilayah yang memiliki kerawanan keamanan cukup tinggi,” tegas Pangdam.

Sedangkan kepada Danrindam XII/Tpr beserta Staf, para Gumil dan pelatih, Pangdam berpesan agar para prajurit dididik dan dilatih secara sungguh-sungguh sehingga nantinya dapat memahami dan menguasai tugas-tugas yang dibebankan.

“Laksanakan kegiatan dengan baik dan pegang teguh prinsip Zero Accident serta tekankan kepada prajurit agar selalu mengutamakan tindakan taktis dan buddy system dalam setiap kegiatan. Tetap patuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan latihan, sehingga kita semua terhindar dari Covid-19,” pesannya mengakhiri.

Usai upacara pembukaan Pangdam XII/Tpr serta yang lainnya mengikuti video conference (Vicon) yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, S.Ip., M.Si.

(Sumber : Pendam XII/Tpr)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.