oleh

Aksi Massa Pendemo Geruduk Pendopo Pandeglang

SERGAP.CO.ID

PANDEGLANG, BANTEN, || Aksi unjuk rasa sekelompok massa yang diberi nama Koalisi Rakyat Pandeglang Melawan (KRPM), menggeruduk Gedung Negara Pendopo dan Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Selasa (25/05/2021).

Dalam orasinya para pendemo menuding Bupati Pandeglang, Hj Irna Narulita gagal menjalankan tugas dan fungsinya melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja bawahannya. Pendemo juga meminta Bupati memecat Kepala Bagian ULP Setda Kabupaten Pandeglang beserta anggotanyaanggotanya.

“Kami meminta para penegak hukum untuk konsisten dalam penegakan hukum terhadap dugaan terjadinya monopli proyek di Kabupaten Pandeglang.” Kata aktivis Uday Suhada dalam gelaran orasinya tersebut.

Sementara Orator lainnya Ucu Fahmi, menilai tradisi korupsi terjadi akibat dorongan motif kekuasaan dari seorang penguasa.

“Prilaku kekuasaan inilah yang menjadi salah satu faktor utama terjadinya korupsi dan mereka yang berani korupsi adalah mereka yang tidak pernah bersyukur dengan apa yang diberikan, hal inilah yang menjadi dorongan kami untuk terus bergerak demi menjaga kabupaten pandeglang dari rongrongan para koruptor yang bertopeng,” ujar Ucu

Lebih lanjut kata Ucu, terkait dugaan monopoli proyek di Pandeglang, pihaknya menilai POKJA ULP dan kepala ULP Pandeglang dalam melaksanakan tugasnya tidak profesional dan bermental korup.

“Masalah ULP, kami banyak menemukan kejanggalan pada proses seleksi perusahaan pemenang lelang dan kami menduga telah terjadi kongkalikong atau kemufakatan jahat antara pengusaha dan kepala ULP Pandeglang yaitu saudara Roni. Bahkan kami juga mensinyalir bahwa sebelum ada evaluasi, pemenang lelang sudah ditentukan atau sudah diatur pemenangnya dan itu jelas tidak mengacu pada peraturan yang ada tentang pengadaan barang dan jasa,” terangnya

Untuk itu sambung Ucu, dalam aksi ini ada beberapa tuntutan yakni, makjulkan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang karena dianggap tidak pro rakyat. Selain itu tuntutan lainnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus turun tangan dan menangkap para mafia proyek yang sudah meresahkan kalangan pengusaha dan juga dapat membuat kemunduran bagi kemajuan Kabupaten Pandeglang.

“Tuntutan terakhir kami pecat dan tangkap siapa saja pelaku mafia proyek tak terkecuali baik oknum anggota dewan maupun oknum Kepala ULP beserta kroni – kroninya,” pungkas Ucu

Aksi unjuk rasa itu pun berjalan tertib dalam pengamanan dan penjagaan ketat dari personil Kepolisian Resort (Polres) dan Kepolisian Daerah (Polda) Banten.

(Kamri S)

 1,186 total views,  2 views today

Komentar

News Feed