oleh

Dikancah Nasional Hingga Internasional Kopi Cigalontang Kini Akan Ekspor Ke Benua Eropa Melalui MoU Bank Indonesia dan Kelompok Tani Pusparahayu

SERGAP.CO.ID

KAB. TASIKMALAYA, || Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Hj Siti Mufattahah bekerjasama dengan Bank Indonesia dengan dihadiri Sekda Kabupaten Tasikmalaya dalam acara Penyerahan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (BI) kepada Kelompok Tani Puspa Rahayu dan Kelompok Tani Sri Mukti di Kecamatan Cigalontang, Senin (31/05/2021).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Mohamad Zen dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian BI dan Anggota DPR RI Hj Siti Mufatahah terhadap pengembangan usaha masyarakat baik di sektor perkebunan dan sektor lainnya.

“Dari sisi perlindungan dan produk kopi Kabupaten Tasikmalaya, kami sedang menyusun buku Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG) agar segera terdaftar nama, ‘Kopi Arabika Java Sukapura Tasikmalaya’untuk menjamin originalitas produk dan jaminan standar kualitas sesuai dokumen deskripsi,”Kata Zen

Lanjutnya, Kabupaten Tasik bisa menjadi salah satu komoditi Kopi, namun kedepan persaingan cukup ketat perlu ada strategi untuk meningkatkan tekhnik budidaya, penerapan pasca panen dan pengolahan serta pemasaran yang maksimal.

“Peran serta kerjasama yang baik antara pemerintah, Bank BI, Dan Anggota Legislatif hingga pihak swasta akan mendorong Komoditi Kopi di Kabupaten Tasikmalya akan terus berkembang” Tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Herawanto menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud nyata program dedikasi BI untuk negeri, dedikasi BI Jabar dalam mendukung pengembangan UMKM khususnya usaha klaster kopi. Pihaknya menegaskan bahwasanya pemulihan ekonomi dapat terjadi dengan kolaborasi semua sektor.

Ditempat yang sama Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Hj Siti Mufatahah mengatakan perjuangan memperkenalkan kopi cigalontang agar menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Tasikmalaya dikenal dikancah nasional hingga international kini membuahkan hasil, Kopi Cigalontang kini akan Ekspor ke benua eropa melalui MoU yang sudah dilakukan antara Bank Indonesia dan kelompok tani Pusparahayu.

“Berawal dari pertemuan saya dengan Pemimpin Bank BI di Tasikmalaya saya hanya menyampaikan saya minta kabupaten Tasikmalaya diberikan satu produk unggulan yang bisa ekspor” Kata Hj Siti Mufatahah Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat dalam Sambutannya, Senin (31/05/2021) di Desa Puspamukti Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

“Kebetulan Bank BI fokus ke perekonomian, salah satu yang disampaikan adalah kopi, Alhamdulilah kopi Cigalontang hasil kopinya luar biasa sehingga bisa masuk ekspor yang difasilitasi oleh Bank BI” Tambah Anggota DPR RI Komisi XI ini.

Setiap pertemuan di kancah nasional Hj Siti Mufatahah selalu menyampaikan Kabupaten Tasikmalaya memiliki produk unggulan kopi.

“Selalu saya sampaikan saya punya jagoan Kopi Cigalontang, sudah terbukti hasil, produksinya berkualitas, saya tidak mau kalah dengan daerah lain, saya ingin Cigalontang bisa bersaing dengan Pangalengan yang sudah dahulu ekspor”tuturnya.

Hj Siti Mufatahah berharap dukungan dari pemerintah agar Kabupaten Tasik memiliki salah satu produk unggulan dan Cigalontang bisa menjadi iconnya produk kopi.

“Nanti setelah ekspor pasti akan banyak pemesannya, jangan sampai permintaan banyak barangnya kurang, Kita saatnya mempersatukan di daerah lain untuk di jadikan icon kopi” tandasnya.

(Sonny)

 552 total views,  2 views today

Komentar

News Feed