oleh

Diduga Kompor Di Tinggal Dalam Keadaan Menyala, Ruko Tamkot Kitchen Kuningan Terbakar Hebat

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Sebuah ruko Tamkot Kitchen berada di Taman Kota Kuningan, Kelurahan/Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan terbakar hebat, Selasa (8/6/2021). Terbakarnya ruko milik Ade Samsudin (45) ini diduga akibat kompor ditinggal dalam keadaan menyala.

“Sekitar pukul 20.00 WIB, saksi Epul sedang menggoreng sosis di dapur berdasarkan pesanan pengunjung Tamkot Kitchen,” kata Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Khadafi Mufti kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Namun demikian, ketika menggoreng Epul meninggalkan gorengan dalam keadaan kompor menyala. Dia pergi untuk membereskan peralatan toko. 

 “Saat kembali ke dapur, saksi melihat api sudah membakar wajan dan gerobak yang ada di dapur,” kata dia.

Panik bukan kepalang melihat api, Epul pun lantas mencoba memadamkan api dengan cara menyiramkan air ke dalam wajan yang berisi gorengan dan minyak. 

“Bukannya padam api malah semakin membesar. Kemudian saksi bersama karyawan lainnya menggotong gerobak yang terbakar dari dapur ke halaman depan,” ujarnya.  

Kemudian, lanjut Khadafi, karyawan lain yakni Adit (32) melapor ke Kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kuningan. 

 “Dengan menggunakan Apar milik Damkar api berhasil dipadamkan. Kemudian anggota Damkar juga membersihkan sisa tumpahan minyak dari gerobak yang tumpah di halaman depan Tamkot Kitchen,” kata dia.

Adapun penyebab kebakaran, lanjut Khadafi, diduga karena dibiarkannya kompor gas menyala yang digunakan untuk proses menggoreng. Beruntung, kata dia, kebakaran itu tidak memakan korban. Khadafi pun memberikan catatan kepada setiap tempat usaha agar menyediakan alat proteksi kebakaran.

Pasalnya, kata dia, bangunan yang ada di taman kota belum sepenuhnya terproteksi dari kebakakaran, karena belum adanya hydran dan alat pemadam api ringan. “Kepada aparatur pemerintahan yang berkepentingan atau kelurahan setempat melakukan sosialisasi pencegahan bahaya kebakaran. Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan,” ucap dia.

(Agus M)

 1,371 total views,  2 views today

Komentar

News Feed