oleh

TMMD Ke-111 Desa Jamberama, Warga Yang Kompak Hingga Ibu-Ibu Ikut Bangun Rabat Beton

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Adanya kegiatan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke – 111 di Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, membuat warga setempat merasa senang. Pasalnya, kegiatan TMMD ini untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di pedesaan.

Program TMMD yang yang dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, memilih sasaran-sasaran berdasarkan skala prioritas. Hingga Selasa (8/6/2021), pelaksanaan kegiatan Pra TMMD ke -111 telah memasuki hari kelima.

Nasmah (65) warga Desa Jamberama merasa bersyukur dan senang dengan adanya TMMD. Menurutnya, TMMD bisa merubah wajah desanya menjadi lebih baik. Salah satunya dengan adanya pembuatan jalan yang menghubungkan Desa Jamberama dengan Dusun Surian.

“Alhamdulillah senang sekali, dengan adanya bapak-bapak TNI ke desa kami. Kami tidak akan merasa kesulitan lagi jika akan melakukan aktifitas yang melewati jalan ini,” ungkap Nasmah.

Nasmah adalah salah satu ibu-ibu yang setiap harinya selalu membantu anggota TNI dalam pengerjaan Rabat Beton. Bersama emak-emak yang lainnya, mereka kompak membantu anggota TNI dengan membawakan bahan adukan semen, maupun membawakan kerikil dengan menggunakan ember kecil.

“Ini kan untuk kebutuhan desa kami juga. Masa kami sebagai warga desanya diam saja. Kami sangat senang bisa bergotong royong dengan bapak-bapak TNI yang baik,” ujarnya dengan penuh semangat.

Pasi Ter Kodim 0615/Kuningan Kapten Arh Aef Saefudin Rusli menjelaskan, di hari kelima kegiatan Pra TMMD masih memaksimalkan kegiatan penyiapan material disasaran Rabat Beton jalan dan TPT.

“Untuk rabat beton jalan dengan panjang 1.780 meter dan lebar 2,5 meter telah mencapai titik 165 meter atau baru 9,2%. Sedangkan untuk pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) dengan panjang 140 meter, pengerjaannya sudah mencapai 15%,” jelas Kapten Aef, Selasa (8/6/2021).

Sementara untuk pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) skala pemukiman 25 KK, masih dalam tahap pelansiran material dan pembersihan lokasi. “Untuk IPAL tahap pengerjaannya baru sekitar 10%,” ujarnya.

(Agus M)

 1,110 total views,  2 views today

Komentar

News Feed