oleh

Desa Bantarsari Pamarican Ciamis Layak Dapat Acungan Jempol

SERGAP.CO.ID

KAB. CIAMIS, || Desa Bantarsari yang berada di Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Semenjak kepemimpinan H. Adang Sutarman yang menjabat sejak tahun 2016 membawa dampak positif untuk kemajuan desa.

Pasalnya semenjak kepemimpina H. Adang Sutarman Desa Bantarsari Pamarican maju pesat, dibuktikan dengan berdirinya Kantor Balai Desa yang tampak begitu kokoh dan megah, serta berjalannya Badan Usaha Desa (Bumdes) yang menjadi salahsatu sektor Pendapatan Anggaran Desa (PAD) sebagai penunjang kemajuan Desa Bantarsari.

Saat dikonfirmasi ditempat kerjanya, H. Adang mengatakan bahwa keberhasilannya mengelola pemerintahan desa serta pengembangan Badan Usaha Desa tidak lepas dari kerjasama seluruh elemen, baik lembaga serta dukungan penuh dari masyarakat, Kamis (15/07/2021).

“Bumdes kami sudah berjalan kurang lebih dua tahun dan untuk bangunannya sudah satu tahun berdiri, dan PAD yang masuk dari Bumdes selama dua tahun ini alhamdulillah sudah mencapai 36 juta rupiah” ungkapnya.

“Kami juga terus fokus untuk melakukang pengembangan usaha, dan saat ini sudah berjalan berbagai sektor usaha, dari penyediaan kebutuhan poko masyarakat dengan dibukanya Bumdesmart” imbuhnya

Lanjut H.Adang mengatakan, selain penyedian sembako, Bumdesmart Desa Bantasari juga memili usaha lain yang bergerak di sektor peternakan, penyediaan gas LPG, SPAM serta pengadan material bangunan.

“Untuk bidang peternakan kami melakukan pembesaran Kambing, Domba dan sapi, dan dengan adanya SPAM tentunya dapat mempermudah masyarakat yang tadinya kesulitan mendapatkan air bersih” terang H. Adang.

Lebih lanjut H. Adang menerangkan bahwa pendapatan hasil Bumbdes bidang sosial dikembalikan lagi untuk kebutuhan masyarakat.

“Dari hasil keuntungan bumdes bidang sosial, saat ini kami telah melakukan perbaikan rumah warga yang tidak layak huni sebanyak enam unit rumah dengan dibantu swadaya gotongroyong masyarakat” tuturnya.

“Mudah-mudahan kedepannya Bumdes yang kami miliki bisa lebih maju lagi dan dapat menambah usaha sektor lain, tentunya kesemua itu untuk kemajuan masyarakat Desa Bantarsari” tandasnya.

Ditempat terpisah salahsatu Anggota BPD Wawan Kurniawan mengatakan, dengan kepemimpinan H. Adang sebagai Kades Bantarsari membawa perubahan yang signifikan.

“Selama saya menjadi anggota BPD dalam kepemimpinan H. Adang selalu dilakukan rapat koordinasi yang dilaksanakan pada minggu kedua setiap bulannya. Setiap perencanan pembangunan ataupun hal lainnya selalu dimusyawarahkan dengan BPD dan lembaga lainnya, untuk evaluasi, menerima masukan dan memberi saran” katanya.

“Antara Pemerintahan desa dan BPD serta lembaga lainnya Alhamdulillah terjalin dengan baik, bersinergitas sehingga Desa Bantarsari bisa maju pesat dengan tingakt kemajuan kurang lebih 80% dibanding sebelumnya” pungkasnya.

(Cemoy)

 2,572 total views,  4 views today

Komentar

News Feed