oleh

Kodim 0615/Kuningan menggelar kegiatan Pembinaan, Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan III Tahun 2021

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Kodim 0615/Kuningan menggelar kegiatan Pembinaan, Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan III Tahun 2021 yang berlangsung di Aula Makodim Jl. Raya RE. Martadinata No. 97 Ciporang, Kuningan, Senin (2/8/2021).

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, Pasi Binpuan Ter Korem 063/SGJ Mayor Arh Subandi, Kepala Dinas Pemuda, Olaharaga, dan Pariwasta Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto Toharudin, M. Pd, Para perwira jajaran Kodim 0615/KNG dan anggota kodim 0615/Kuningan.

Pelaksaanaan Binsiap Apwil dan Puanter tersebut dilaksanakan dengan menerapkan anjuran protokol kesehatan secara ketat. Seperti diketahui bersama, pembinaan teritorial atau Binter merupakan salah satu fungsi utama TNI AD. Sehingga setiap satuan jajaran TNI AD dalam situasi dan kondisi apapun harus melaksanakan Binter guna mendukung tugas pokoknya terutama dalam penyiapan Ruang Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh guna penyelenggaraan sistem pertahanan (Sishankam).
TNI AD sebagai dari Tentara Nasional Indonesia dituntut untuk dapat memaksimalkan fungsi satuan teritorial dalam menyiapkan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.
Hal ini yang menyebabkan TNI AD harus menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi tersebut, di mana dari peran satuan teritorial adalah menciptakan kekuatan kewilayahan yang dapat diandalkan sehingga secara nyata terciptanya daya daya tangkal yang tangguh.

Dandim 0615/KNG Letkol Czi David Nainggolan dalam pemaparannya menjelaskan, TNI AD berupaya melaksanakan pembinaan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit komando wilayah sesuai pasal 8 undang-undang nomor 30 tahun 2002.

Dikatakan Dandim, kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter yang dilaksanakan pada setiap triwulan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya prajurit, kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

“Melalui kegiatan pembinaan kesiapan aparat ke wilayahan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, dorongan kepada prajurit Kodim 0615/KNG dalam rangka mensukseskan tugas pokok aparat kewilayahan,” ujar Dandim David.

Dandim juga menyampaikan pesan kepada peserta Binsiap Apwil untuk meningkatkan
keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kata Dandim, jadikan kegiatan ini sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan dan memahami tugas juga fungsinya. “Pertajam kembali tugas dan tanggungjawab sebagai aparat koorwil guna menyamakan visi dan misi. Serta ikuti apa yang telah direncanakan dan di arah kan oleh Staf Ter sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.

Usai pemaparan Dandim, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi seperti Adat istiadat dan budaya di masyarakat di wilayah binaan, Sikap Teritorial, Metode Binter dan Kemampuan Binter

(Agus M)

 920 total views,  2 views today

Komentar

NEWS