oleh

Pesawat Terbang Karya Putra Ciamis, Menunggu Uji Terbang

SERGAP.CO.ID

KAB. CIAMIS, || Ramai dan sempat viral beberapa bulan lalu. Seorang warga Lakbok yang berhasil menciptakan pesawat terbang jenis STOL, kini menunggu uji kelayakan serta serifikasi dari Pemerintah.

Pesawat terbang karya Herry Warga Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang dikerjakan di halaman rumahnya kini rampung 99 persen dan siap untuk diterbangkan.

Saat dikonfirmasi sergap.co.id dikediamannya, Herry mengatakan, pesawatnya saat ini tinggal menunggu uji terbang dan telah melakukan komunikasi dengan Pemerintah melalui perwakilan dari TNI AU.

“Saat ini saya pesawatnya sudah rampung dikerjakan sekitar dua bulan yang lalu. tinggal menunggu izin terbang untuk di uji kelayakannya guna mendapat sertifikat” ungkapnya, Selasa (04/08/2021).

Herry pencipta pesawat terbang jenis STOL saat menyampaikan keinginannya untuk segera melakukan uji terbang pesawatnya

“Sebetulnya untuk pesawat terbang jenis stol ini bisa take off dengan landasan jarak pendek, tapi untuk uji coba tentu harus dilapangan udara tidak bisa sembarangan tempat” imbuh Herry.

“Semuanya harus diperhitungkan secara matang demi menjaga keselamatan” tambahnya.

Lanjut Herry mengatakan, jika ijin laik terbang dan telah bersertifikat dari Pemerintah, dirinya akan menghibahkan pesawat tersebut pada Negara dengan catatan adanya hak cipta.

“Harapan saya nantinya dikemudian hari negara bisa memproduksi pesawat jenis stol ini sebagai produks asli Indonesia. Bahkan kita bisa menjualnya keluar negeri” tandasnya.

“Saya tidak mau jika begitu pesawat ini terbang, sudah tidak di gunakan lagi, dan saya juga ingin memiliki hak paten untuk mesin juga prototype pesawat” tegas Herry.

Masih lanjut Herry mengatakan bahwa dirinya sampai saat ini masih melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak TNI AU terkait perkembangan pesawat yang diciptakannya.

“Tetap saya selalu berkomunikasi, namun dikarenakan saat ini Pemerintah sedang fokus terhadap penangan covid-19 dan saat ini sedang diberlakukannya PPKM darurat. Jadi rekomendasi untuk izin uji coba penerbangan pesawat ini sedikit terlambat” pungkasnya.

(Cemoy)

 2,753 total views,  2 views today

Komentar

NEWS