oleh

PPKM Terus Apa Lanjut? Kapoksi NasDem Lisda Hendrajoni: Pemerintah Juga Harus Evaluasi Dampak Ekonomi Masyarakat

-BERITA, JAKARTA-133 views

SERGAP.CO.ID

JAKARTA, || PPKM di sejumlah wilayah Indonesia akan berakhir hari ini. pemerintah akan mengumumkan keputusan apakah memperpanjang atau menghentikan PPKM.

Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, meminta pemerintah harus mempertimbangkan segala aspek dengan sangat teliti sebelum mengambil keputusan. pemerintah juga harus mengevaluasi dampak ekonomi baik secara makro ataupun mikro.

“ Keputusan pemerintah melakukan evaluasi PPKM setiap pekan merupakan hal yang tepat. Namun evaluasi jangan hanya terfokus pada trend penyebaran naik atau turun, dampak ekonomi bagi masyarakat dengan berlangsungnya PPKM ini juga harus dipertimbangkan dengan matang,” Sebut Lisda.

Srikandi NasDem tersebut menilai, dampak ekonomi sangat dirasakan oleh masyarakat terutama ekonomi menengah kebawah. Sehingga jika keputusan nantinya PPKM diperpanjang, harus ada solusi yang tepat untuk menyelamatkan masyarakat dari kemiskinan.

“Pasca pandemi, ratusan ribu karyawan dirumahkan. Belum lagi dampak PPKM yang mengakibatkan ribuan UKM yang merugi, bahkan gulung tikar. Belum lagi pedagang kecil yang tidak bisa menjalankan usahanya karena terhalang PPKM. Ini harus ada solusi yang pasti dari pemerintah,” jelasnya.

Namun, menurut Lisda jika nantinya PPKM tidak dilanjutkan, kesadaran Masyarakat harus ditingkatkan, agar angka penyebaran dapat terus ditekan. Masyarakat harus patuh dengan standar protokol kesehatan, dimulai dari kebiasan dirumah hingga saat beraktivitas diluar.

“ Berdasarkan Evaluasi, PPKM telah memberikan trend penurunan penyebaran Covid19 khususnya wilayah Jawa dan Bali. Namun jika nantinya pemerintah menghentikan PPKM, harus diiringi dengan kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan. Kalau tidak nanti kasusnya bisa melonjak lagi, terus PPKM lagi. Jadinya gak kelar-kelar,” sambungnya.

Rencananya Pemerintah akan mengumumkan kelanjutan PPKM malam ini, yang akan disampaikan Presiden Jokowi. Pemerintah hanya akan melonggarkan PPKM jika tingkat penularan virus korona semakin turun. 

“Perkembangan sejumlah daerah akhir-akhir ini membuat kita optimistis PPKM bisa dilonggarkan tentu dengan berbagai pengecualian dan syarat prokes yang ketat,” pungkas Lisda.

(WH)

 1,232 total views,  2 views today

Komentar

NEWS