oleh

Dalam Rangka Hut Ke 76 Kemerdekaan RI Mahasiswa UNIKU Bersih-bersih Aliran Sungai Mengusung Tema “Sadarkan Sekitarmu Selamatkan Lingkunganmu

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Berseri nama program yang dicanangkan yang memiliki kepanjangan Bersih Aliran Sungai Lestari merupakan acara yang diselenggarakan kerja bareng antara Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Kuningan (Uniku), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku, Saung Kompos Rancage dan Karang Taruna Desa Hantara Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan.

Acara yang digelar Sabtu (14/08/2021) kemarin itu, bertemakan “Sadarkan Sekitarmu, Selamatkan Lingkunganmu” dihadiri oleh Camat Hantara, Kepala Desa Hantara dan civitas Akademika Uniku.

Dani Rusdiana selaku Ketua Pelaksana kegiatan Berseri saat dimintai keterangannya, Minggu (15/08/2021), mengatakan, bahwa rangkaian agenda pada hari Sabtu kemarin itu, dimulai dengan acara pembukaan, simbolis penyerahan bibit ikan lele dan bibit pohon.

“Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu bersih-bersih aliran sungai,” ujarnya.

Sedangkan, Teguh Nendra selaku Ketua GenBI Komsat Uniku, mengatakan, pertama menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat Desa, Karang Taruna Desa Hantara yang sudah menjadi fasilitator dalam kegiatan Berseri kali ini.

“Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pengurus GenBI Komsat Uniku, BEM Uniku, Saung Kompos Rancage dan Relawan Mahasiswa Uniku serta masyarakat pada umumnya yang masih memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menjaga lingkungan yang lestari tentu perlu timbul, perlu muncul dari kesadaran diri setiap orang.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar dibiasakan perilaku untuk menanam dan merawat pohon, memanfaatkan air dan tidak membuang sampah ke aliran sungai, agar air tetap bersih dan sehat untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” paparnya.

Kemudian, Teguh sapaan akrabnya juga, menyampaikan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke 76 tahun.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 76 tahun,” imbuhnya.

Lebih jauh, sambung pemuda yang berasal dari Kabupaten Majalengka itu, mengatakan, dimomen kemerdekaan Indonesia dirinya juga sedikit mengulas apa yang pernah dikatakan oleh Bapak Proklamator kita yakni Bung Karno.

“Bahwa nasib suatu Bangsa itu tergantung bagaimana dari generasi-generasinya. Jika generasi itu baik, maka Bangsa itu akan baik. Tetapi, jika generasi itu buruk, generasinya itu apatis, generasinya itu tidak mau mengetahui persoalan atau permasalahan Bangsanya, maka yang kita percayakan Bangsa itu akan mundur dan mengalami kehancuran,” sambungnya.

Perwakilan dari civitas akademika Uniku yang dihadiri oleh Kepala Unit Pengembangan Karir dan Alumni Sahlan, M. Pd., mengatakan, bahwa dirinya juga memberikan apresiasi kepada Bem Uniku, GenBI Uniku, Saung Kompos Rancage yang telah menggagas kegiatan Berseri ini dengan Kolaborasi.

“Ini adalah hal yang sangat bermanfaat,” tuturnya.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan terkait dengan beasiswa KIP, yang dimana dulunya adalah beasiswa bidikmisi, kemudian di Uniku juga banyak sekali beasiswa lainnya.

“Seperti beasiswa BI dan termasuk Ketua Bem Uniku Teguh Nendra juga salah satu penerima beasiswa BI,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Hantara Asep Cahyana, menuturkan, ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh rekan-rekan mahasiswa yang akan melaksanakan tugas yang mulia ini untuk membersihkan lingkungan hidup terutama membersihkan sampah di aliran sungai.

“Mahasiswa tentu memiliki peran penting untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dilingkungan masyarakat dan hari ini mahasiswa Uniku hadir untuk membantu masyarakat Desa Hantara,” tuturnya.

Terakhir, sambutan dari Camat Hantara Drs. Oyo Rochyadi, mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan Berseri Ini.

“Saya apresiasi dan penghargaan setinggi – tingginya kepada Bem Uniku, GenBI Uniku yang sudah berinovasi dengan pemikiran yang brilian untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa Hantara,” tuturnya.

Kemudian, ia juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

“Selalu terapkan pola hidup bersih sehat yah Bapak Ibu semuanya,” imbuhnya.

(Agus M)

 336 total views,  2 views today

Komentar

NEWS