oleh

Pantau Program Vaksinasi Covid-19, Wabup : Vaksin Efektif Tingkatkan Imunitas

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Tingkat pengendalian Covid-19 di Kabupaten Kuningan terus menunjukan indikator baik. Indikator tersebut ditandai dengan rendahnya angka kematian, rendahnya angka positif aktif, serta tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19, terutama setelah gencarnya pemerintah menjalankan program vaksinasi.

“Untuk dapat mengendalikan Pandemi Covid-19 secara cepat yaitu dengan meningkatkan kekebalan individu dan kelompok, sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian. Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kuningan sebagai pertanda bahwa pemerintah melakukan tugas, fungsi, dan tanggung jawab dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat,” kata Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi dalam program ‘Gerebeg Desa Vaksinasi Covid-19’, di Desa Padamanek, Kecamatan Jalaksana, Selasa (24/8/2021).

Untuk itu, Wabup mengimbau masyarakat agar menyukseskan pelaksanaan Vaksinasi Covid -19 di Kabupaten Kuningan. Dikatakannya, Vaksinasi Covid-19 merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Selain itu menurutnya, vaksinasi juga merupakan cara paling baik untuk mengakhiri Pandemi Covid-19.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat berperan aktif menyukeskan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 sesuai jadwal yang telah ditentukan, sehingga percepatan program vaksinasi dapat berjalan lancar dan pandemi ini segera berakhir,” imbuhnya.

Senada, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy, SE, yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa Vaksinasi berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dari paparan Covid-19. Meski demikian, sambungnya, masyarakat yang telah divaksin tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan 5 M yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Ingat vaksin bukanlah obat. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat,” tandas Zul (red_sapaan akrab Nuzul Rachdy).

Selanjutnya Zul mengemukakan, jika pelaksanaan program Vaksinasi Covid-19 telah menyentuh 80 persen populasi masyarakat di Indonesia, maka Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi akan menjadi endemi atau penyakit yang dianggap biasa.

“Untuk itu, sama dengan apa yang Pak Wabup sampaikan, saya juga mengajak masyarakat untuk mendukung penanggulangan Covid-19 dengan berperan aktif dalam percepatan program vaksinasi ini, agar pandemi ini menjadi penyakit yang dianggap biasa atau endemi, sehingga kita semua dapat beraktivitas dengan normal lagi,” pungkasnya.

Usai melakukan monitoring di Desa Padamenak, Wakil Bupati Kuningan bersama Ketua DPRD, melanjutkan monitoring Vaksinasi Covid-19 ke Desa Sembawa, Kecamatan Jalaksana, Desa Bojong dan Desa Gandasoli, Kecamatan Kramatmulya.

(Agus M)

 262 total views,  2 views today

Komentar

NEWS