oleh

Masih Berstatus Level 3, Upacara Hari Jadi Kota Tasikmalaya Ke-20 Digelar Secara Sederhana Dan Terbatas

SERGAP.CO.ID

KOTA TASIKMALAYA, || Masih Berstatus Level 3, Upacara Hari Jadi Kota Tasikmalaya Ke-20 yang dipusatkan di halaman Bale Kota Tasikmalaya, berjalan secara hidmat dan lancar, walaupun digelar secara sederhana dan terbatas serta tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Minggu, 17 Oktober 2021. 

Pembatasan kehadiran peserta upacara tersebut, didasarkan pada Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 06 tahun 2021 tentang pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa Bali, dimana Kota Tasikmalaya masih termasuk yang berstatus level 3 di wilayah Jawa Barat, sehingga kegiatan masyarakat yang diperkirakan dapat menimbulkan kerumunan dan peningkatan penyebaran Covid19 perlu dibatasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Melirik kondisi tersebut, Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas komunikasi dan Informatika menyediakan pula layanan video Conference bagi seluruh Organisasi Pemerintah Daerah dan Kecamatan yang ingin turut menyaksikan di kantornya masing-masing serta layanan Live streaming melalui Channel Youtube Pemerintah Kota Tasikmalaya bagi masyarakat yang ingin mengikuti seluruh rangkaian jalannya upacara peringatan tersebut.

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf selaku inspektur upacara menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus atas jasa para pendiri (Founding Father) Kota Tasikmalaya serta pengabdian para pendahulu dalam membangun Kota Tasikmalaya dan seluruh elemen masyarakat yang dengan tulus dan ikhlas telah memberikan “sumbangsih” serta prestasi demi kemajuan Kota Tasikmalaya.

Menurutnya pandemi covid-19 memang telah berdampak pula pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tasikmalaya, sehingga anggaran program dan kegiatan pembangunan pada tahun 2020 maupun tahun anggaran 2021 yang masih berjalan harus mengalami pengurangan dan penyesuaian.

Namun ditegaskannya, bahwa berkat sinergitas bersama antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dan seluruh stakeholder pembangunan, pada tahun 2021 Kota Tasikmalaya dapat meraih penghargaan Tingkat Nasional maupun tingkat Provinsi Jawa Barat, diantaranya :

1. Penghargaan Predikat BB Atas Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Dari Kemnpan RB;

2. Penghargaan Kota Layak Anak Dari Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia;

3. Penghargaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor Dari Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional;

4. Opini Wajar Tanpa Pengecualian Dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tasikmalaya Untuk Yang Ke-5 Kalinya Secara Berturut-Turut;

5. Penghargaan Taat Pajak Tepat Waktu Dari Gubernur Jawa Barat;

6. Penghargaan Juara III Mtq Tingkat Provinsi Jawa Barat;

7. Penghargaan Jasa Bakti Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Dari Kementerian Koperasi Dan UKM;

8. Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia Dari Kementerian Hukum Dan Ham;

9. Penghargaan Terbaik Ke-2 Kategori Kabupaten Dan Kota Terbaik Untuk Kota Ihk Dalam Pengendalian Inflasi Dari Provinsi Jawa Barat.

10. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Katgori Madya Tahun 2021 Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

“Penghargaan dan prestasi yang diraih Pemerintah Kota Tasikmalaya pada tahun 2021 telah menunjukan bahwa dengan kebersamaan dan tekad yang kuat kita mampu bangkit dan pulih dari keadaan yang sulit ini.”Katanya.

Ia berharap dengan tema Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-20, yakni Walagri Tur Motekar dapat dimaknai dengan sesungguhnya untuk menjadikan masyarakat Kota Tasikmalaya yang sehat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dan kreatif dalam melaksanakan segala bentuk kegiatan kemasyarakatan maupun pembangunan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Kota Tasikmalaya yang lebih baik.

Sebagai ungkapan apresiai yang tinggi dari Pemerintah Kota Tasikmalaya, Walikota Tasikmalaya menyerahkan secara langsung Penghargaan bagi OPD maupun Masyarakat yang berprestasi dalam mengharumkan nama baik Kota Tasikmalaya, baik di tingkat regional Jawa Barat maupun tingkat nasional.

(Adin)

 242 total views,  2 views today

Komentar

NEWS