oleh

Diikuti 803 Pemural, Kapolri Buka Gelar Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021

SERGAP.CO.ID

SURABAYA, || Kapolri Jenderal Listyo Sigit Wibowo membuka lomba Seni Mural yang digelar secara serentak oleh Divisi Humas Mabes Polri, Sabtu (30/10/2021) dilakukan secara virtual. Lomba Mural 2021 merebutkan Trophy Kapolri, ini diikuti  803 Pemural dari seluruh Indonesia.

Sementara tercatat 495 Pemural  merebutankan trophy Kapolda di jajaran Mabes Polri. Diantaranya Humas Polda Jatim juga menggelar kegiatan serupa, yang berlangsung di lapangan Tenis Mapolda Jatim.

Lomba Seni Mural dalam rangka HUT ke 70 Humas Polri di Mapolda Jatim  dibuka oleh Waka Polda Jatim Brigjen Slamet HS didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko.

Sebagaimana diketahui, Humas Polda Jawa Timur mengikuti lomba “Seni Mural” yang digelar Humas Mabes Polri merebutkan Trophy Kapolri 2021. Sekali lagi, Festival Seni Mural ini dalam rangka HUT ke 70 Humas Polri.

Festival yang bakal digelar 30 Oktober 2021 ini bertajuk “ Peran Generasi Muda Untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covis 19”.

Diikuti 803 Pemural, Kapolri Buka Gelar Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021

Festival  yang kali pertama digelar itu adalah  ” Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021”.

Maksud dan tujuan kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum ini adalah, sebagai wadah bagi warga luas untuk berkarya dan berkreasi pada masa pandemi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme, dan optimisme di kala Pandemi dengan melakukan kegiatan positif.

“Menjadi wadah kebebasan berekspresi dan untuk menyalurkan ide melalui karya seni (mural) serta aspirasi dari masyarakat dalam menghadapi permasalahan masyarakat dalam berbagai sektor. Menjadi ajang apresiasi untuk para seniman mural di Indonesia untuk tetap berkarya pada masa pandemi,” ujar Kadiv Humas Polri  Irjen R Argo Yuwono, yang dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko.

Terkait Bhayangkara mural festival piala Kapolri 2021 ini, lanjutnya, tahapan kurasi pertama akan dilaksanakan pada 18-20 Oktober 2021 untuk memilih 5  peserta terbaik di setiap Polda. Kemudian satu peserta terpilih akan berpartisipasi pada tingkat nasional atau Mabes Polri di Jakarta.

Sementara bagi para peserta yang tidak terpilih di tingkat Polda akan diikutkan pada Festival Mural di Polda masing-masing. Selain itu, kurasi tahap pertama juga akan dilangsungkan pada 22-23 Oktober 2021 untuk memilih peserta terbaik di sekitar Mabes Polri atau Jabodetabek.

Namun  demikian, bagi peserta yang tidak terpilih maka masih memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di Festival Mural Polda masing-masing sesuai domisili. Selanjutnya, sebanyak 70 peserta terpilih mewakili pada tiap Provinsi dan Jabodetabek akan menggambar langsung secara serentak tingkat nasional pada tanggal 30 Oktober 2021 yang akan dibuka secara resmi oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Adapun Sub – Tema yang menjadi panduan bagi para peserta untuk berkarya, peduli sesama di masa Pandemi Covid-19, bersama menjalankan protokol kesehatan, Indonesia sehat dan kuat, bebas dari Covid-19, bersama menjaga Indonesia.

“Ayo kreasikan ide positifmu di masa Pandemi dengan mengobarkan semangat kemerdekaan, nasionalisme, dan optimisme lewat seni mural pada Bhayangkara Mural Festival Piala Kapolri 2021!,” tutup Argo.

(Iwan/Waluyo/Hms)

 326 total views,  2 views today

Komentar

NEWS