Peringati Hari Pahlawan, Gubernur Jambi H. Al Haris : Lawan Kemiskinan dan Covid-19

SERGAP.CO.ID

JAMBI, || Gubernur Jambi Al Haris dan Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Abdullah Sani beserta Unsur Forkompinda menggelar upacara Hari Pahlawan di Ruang Pola Kantor Gubernur, Rabu (10/11/2021).

Al Haris mengatakan kepada sejumlah awak Media, makna terbesar dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021 tahun ini sesuai arahan Menteri Sosial (Mensos) yakni bersama-sama kita melawan kemiskinan.

“Pertama tentunya kita bersama-sama melawan kemiskinan, yang kedua adalah bagaimana kita melawan wabah covid-19,” ungkapnya dengan serius.

“Kalau bicara kemiskinan, tentu ini tugas kita semua, tugas kita sebagai masyarakat. Yang kuat bantu yang lemah, pengusaha buka lapangan pekerjaan, dan pihak swasta juga membuka sekolah-sekolah,” tuturnya dengan berbagai awak media.

Al Haris juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah mulai membangun sekolah-sekolah di daerah terpencil. “Suku Anak Dalam (SAD) kita yang di hutan juga sudah ada guru, yang kita kirimkan untuk guru sekolah rimba. ”Tambahnya.

“Hari ini juga kita hadapi adalah Covid-19, dan hari ini yang luar biasa terjadi adalah dampak ekonomi, dampak sosial, dampak pendidikan, dan ini yang berpengaruh dalam covid-19. “Katanya.

Konon…….Al Haris berharap semua elemen masyarakat, semua lapisan masyarakat, untuk bersama-sama bergandengan tangan, saling bersatu padu dalam melawan Covid-19.”Langkah pertama kita dalam melawan wabah covid-19 ini tentunya vaksinasi, kedua tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), hari ini kejadian di Pulau Jawa terjadi kenaikan kasus.” Terangnya.

Tentunya juga menjadi warning kepada masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan Prokes.”Sudah banyak di tempat-tempat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, tentunya ini bisa menjadi potensi munculnya wabah covid-19 kembali.” Tuturnya.

Lebih lanjut, Al Haris mengungkapkan, ada kekhawatiran, mengingat beberapa hari lalu Provinsi Jambi nol kasus, dan kemarin muncul 5 kasus berdasarkan hasil cek laboratorium. Artinya ini belum ada di titik aman, belum bisa bersantai, belum juga bisa untuk tidak menggunakan masker.

“Karena Bapak Presiden belum mengubah status kita menjadi siaga darurat kesehatan, status kita saat ini masih berstatus bencana non alam.Saya khawatir adanya peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi Jambi dan wajib kita waspadai bersama.” Harapnya.

Usai melaksanakan upacara Hari Pahlawan, Al Harris beserta Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani, Sekda Sudirman juga menghadiri ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Satria Bhakti Kota Jambi.

Acara diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M. Zulkifli.

Dimana kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan Prokes yang ketat, menggunakan masker dan penyediaan fasilitas untuk mencuci tangan.

Al Haris menyatakan peringatan Hari Pahlawan kali ini dilaksanakan upacara dan ziarah dan tabur bunga. “Ini diawali dengan upacara, karena hujan kita laksanakan di ruang pola. Setelah itu dilakukan ziarah dan tabur bunga di taman Makam Pahlawan.” Jelasnya.

Turut hadir dalam acaratersebut Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kapolda Jambi A. Rachmad Wibowo, Kejati Jambi Sapto Subroto, perwakilan dari unsur Forkopimda di Lingkup Pemerintah Provinsi(Pemprov) Jambi, danpara Veteran.

(Rusdi Purnama)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.