oleh

Tim SAR Kuningan Evakuasi Korban Hayut di Sungai Cisanggarung

SERGAP.CO.ID

KUNINGAN, || Abah Arwa, 86 tahun diduga hanyut di Sungai Cisanggarung, tepatnya di Dusun Manis Desa RT 02/02 Desa Datar Kecamatan Cidahu, Rabu (24/11/2021) pukul 11.00 WIB. Ia baru ditemukan esoknya (25/11) pukul 09.15 WIB oleh Tim SAR Gabungan di wilayah Desa Kananga, Kecamatan Cimahi, dalam kondisi tak bernyawa.

Kronologinys, Abah Arwa, warga Dusun Manis RT 02/02 Desa Datar ini, pada pukul 11.00 WIB minta izin kepada rekannya di sawah untuk membersihkan badan di pinggir Sungai Cisanggarung. Di lokasi kejadian di pinggir Sungai Cisanggarung, tertinggal hanya caping (cetok) dan rokok, sementara korban saat itu sudah tidak berada di tempak kejadian perkara (TKP).

Temannya, yang sama-sama bekerja di sawah, baru sadar setelah 1 jam kemudian, ternyata Arwa belum juga kembali. Informasi hanyutnya Abah Arwa, langsung menyebar, sehingga masyarakat beserta aparat Desa Datar langsung melakukan pencarian pada pukul 14.00 – 15.00 WIB, namun tidak berhasil.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, S.STP, menjelaskan, setelah menerima laporan, BPBD langsung menerjunkan tim Assesment dan Tim SAR. Pencarian langsung dilakukan, sambil melakukan koordinasi dengan Basarnas Cirebon, TNI dan Polri.

Tim SAR mengevakuasi korban hanyut Abah Arwa (86 tahun) dari Sungai Cisanggarung di wilayah Desa Kananga, Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan, Kamis (25/11/2021)
Pencarian dilakukan dengan menerjunkan Tim SAR Gabungan, menggunakan 2 perahu riverboot dengan personil 7 orang. Lokasi pencarian mulai dari jembatan gantung Desa Datar sampai jembatan gantung Desa Bunder sejauh 4,3 KM, hasilnya nihil.

Karena sudah sore dan cuaca gelap, meski aliran Sungai Cisanggarung normal, pencarian dihentikan. Tim SAR Gabungan berjumlah 50 orang berasal dari masyarakat, aparat desa, kecamatan, TNI, Polri, BPBD dan relawan melakukan briefing pada pukul 20.00 WIB di Kantor Desa Datar, terkait rencana pencarian esoknya.

Pencarian korban dilakukan pada Kamis (25/11) sejak pukul 07.30 WIB pagi, menggunakan 5 perahu riverboot dengan personil 20 orang, mulai jembatan gantung Desa Datar dibantu tim darat dan tim pemantau 30 orang.

Pada pukul 09.15 WIB, korban ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di wilayah Desa Kananga Kecamatan Cimahi berjarak 4,9 KM dari lokasi kejadian hanyut, dalam kondisi tak bernyawa, korban kemudian dievakuasi.

Pada pukul 10.00 WIB, korban diserahkan oleh Tim SAR kepada keluarganya untuk dikebumikan.

(Agus M)

 156 total views,  2 views today

Komentar

NEWS