oleh

DPUTR Kabupaten Kuningan Gelar Bimbingan Teknis Pelatihan Tenaga Terampil Kontruksi (Operator Alat Berat) Tahun 2021

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Pelatihan Tenaga Terampil Kontruksi (Operator Alat Berat) Kabupaten Kuningan Tahun 2021 yang berlangsung di Hotel Horison Tirta Sanita selama dua hari dari tanggal 29 s/d 30 November 2021.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan, H.M Ridwan Setiawan, SH.,M.Si dalam sambutannya mengungkapkan, Kegiatan Bimbingan Teknis Pelatihan Tenaga Terampil Kontruksi (Operator Alat Berat) tahun 2021 ini merupakan realisasi/implementasi program kegiatan yang tertuang dalam dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah DPA-SKPD.

Dikatakannya, dalam rangka melaksanakan tugas-tugas keseharian ini apalagi yang menggunakan alat berat ini sebagaimana alat berat yang ada di SKPD masing-masing ini merupakan barang milik daerah sehingga alat ini perlu dijaga, dipelihara sehingga usia produktifitas alat berat ini bisa digunakan dan bertahan lama. Oleh karena itu bagi Operator Alat Berat ini khususnya dalam mengoperasikan alat berat dapat dilaksanakan secara baik dan benar secara profesional.

“mengingat suku cadang yang tidak murah dan tidak sembarang ada di toko-toko umum lainnya, ini diharapkan bisa terus di pelihara dan di jaga” ucap Ridwan

Kami pimpinan SKPD tidak secara setiap hari memelihara, memantau atau menjaga alat itu karena yang memang yang lebih bertanggung jawab adalah bapak-bapak operator alat berat lah yang dilapangan.

Lanjutnya, adapun untuk pengadaan alat berat baru, kami pemerintah daerah secara keuangan, kemampuan daerah agak terbatas jadi tolong di rawat, dijaga dan kita saling mengingatkan seandainya kurang pemeliharaan atau keamanan dan sebagainnya, cepat lapor kepada kami lapor ke kepala SKPD yang ada sehingga agar alat berat tersebut bisa berdaya tahan lama.

“Kabupaten Kuningan sesuai tupografinya berada di wilayah pegunungan maka sangat membutuhkan alat berat. Namun sampai dengan sekarang belum mempunyai informasi yang menggembirakan untuk pengadaan alat berat tersebut,” ujar Ridwan

Perlu saya sampai kembali, jangan sampai alat berat yang ada baik milik Pemda ini tidak di perhatikan. jadi saya meminta kepada para operator untuk merawat dan menjaganya dengan baik. Pungkasnya
Ditambahkan Asep Abduh Syakur selaku Kepala Bidang Bina Jasa dan Kontruksi Dinas PUTR Kuningan, mengatakan, Kegiatan Bimtek Pelatihan bagi para Operator Alat Berat ini diikuti sebanyak 30 orang. Kita juga menghadirkan Narasumber, Ir. Edi Purwono ST.,MM sama Deni Heryawan ST.,MT dari LPK PT Denicont Anugerah Pratama Bandung guna memberikan materi dalam pelatihan ini.

Ia pun menjelaskan kembali terkait adanya kegiatan yang dilaksanakan ini sebagaimana dasar acuan penyelenggaraannya adalah Undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah nomor 22 tentang peraturan pelaksana undang-undang nomor 2 tahun 2020.

Dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan bagi operator alat berat ini, dikatakan Asep. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan operator berat dapat meningkatkan kompetensi sehingga menghasilkan kualitas pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Intinya kita mengingatkan kembali atau membuka wawasan baru bagi para operator alat berat ini siapa tahu mereka sudah lupa atau kurang paham dengan aturan yang ada jadi mengingatkan kembali sesuai SOP yang ada, baik itu keselamatan kerja ataupun kualitas kegiatan”. Pungkas Asep.

(Agus Dedi)

 264 total views,  2 views today

Komentar

NEWS