oleh

BPBD Kabupaten Tasikmalaya Dan Masyarakat Bergotong Royong Membenahi Saluran Air Yang Tersumbat Akibat Tanah Amblas

SERGAP.CO.ID

KAB. TASIKMALAYA, || Musim hujan di Kabupaten Tasikmalaya memberikan dampak tanah amblas akibat tergerus Air di Lingkungan Kp. Binuang RT 007/RW.01 Desa Mandalawangi Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmala Jawa Barat.

Bersama dengan itu, BPBD Kabupaten Tasikmalaya bersama Muspika Kecamatan Salopa dan Pemdes Mandalawangi  serta di bantu Masyarakat setempat mengadakan Gotong royong bersama untuk membersihkan dan mengali saluran air yang tersumbat di sepanjang jalan, sehingga air bisa mengalir dengan lancar ke lahan persawahan warga.

Upaya gontong royong penanganan sacara swadaya terhadap kondisi saluran air yang amblas sepanjang  jalan tersebut yang di bantu Masyarakat mencari titik gorong-gorong yang tertimpa bongkahan longsor supaya cepet terkodinir.

 Antusias warga masyarakat membersihkan bongkahan tersebut dikarenakan aliran air yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk pengairan ke persawahan di dua Desa yaitu Desa Mandalawingi dan Desa Banjarwaringin Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara, Camat Salopa Fuad Abdul Azis bersama BPBD, Pemdes Mandalawangi dan Masyarakat bahu membahu melaksanakan upaya penanganan terhadap kondisi sarana prasarana saluran yang amblas mengalami kondisi menghawatirkan.

Upaya ini dilakukan, dengan mengali tanah yang menutup saluran di sekitar titik titik yang tertimbun tanah amblas. upaya muspika ini mendapatkan dukungan dari BPBD Kabupaten Tasikmalaya. Kamis (02/12/21).

Langkah ini diambil oleh pemerintah kecamatan sebagai upaya penanggulangan Dini, terhadap kondisi saluran yang Amblas terbawa Air.

Pemdes  berikutnya pemerintah kecamatan telah melaporkan lokasi lokasi saluran yang mengalami kerusakan kepada pihak terkait, dalam hal ini PUTR untuk kemudian memohon agar dapat dilaksanakan perbaikan secara sempurna oleh Dinas PUTR selaku penanggung jawab seluruh Saluran yang  melintasi desa desa di wilayah kecamatan Salopa.

(Rizal/Dodi Boy)

 310 total views,  4 views today

Komentar

NEWS