oleh

Pertahankan Seni Tradisi, Ciamis Bentuk DPD PPSI

SERGAP.CO.ID

KAB. CIAMIS, || Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) adalah salah satu wadah perguruan pencak silat yang masih mempertahankan tradisi pencak silat dengan lebih banyak membina pada aspek seni pertunjukan (sen ibing pencak silat).

Dalam upaya melestarikan seni pencak silat di masyarakat, PPSI secara konsisten terus membentuk kepengurusan di tingkat Kabupaten dan Kecamatan. Salah satunya pembentukan kepengurusan DPD PPSI Galuh Ciamis yang diselenggarakan di Paguron Purbawisesa Desa Petirhilir, Kecmatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Minggu, (05/12/2021)

Dalam musyawarah pembentukan pengurus DPD PPSI Galuh Ciamis terpilih secara aklamasi selaku ketua Abah Iman dari Paguron Purbawisesa dengan masabakti 2021 – 2026. Kegiatan tersebut dihadir pula perwakilan dari DPP PPSI, Ketua Priatim pecinta seni dan budaya serta ketua DPD PPSI Kota Banjar.

Saat di wawancara Abah Iman mengatakan di tatar galuh ciamis perguruan pencak silat yang paling banyak.

“Saat pertama kali terbentuknya PPSI itu di Ciamis dan disinilah yang paling banyak perguruan silatnya. Namun sekian lama PPSI di Ciamis pakem artinya tidak ada lagi delegasi tentang pembentukan PPSI di Kabupaten Ciamis” ungkapnya.

Lanjut abah Iman menjelaakan, sekaranglah waktunya Galuh nanjeur, Galuh nangtung, Mahayunan ayuna kadatuan. Setelah terbentuknya DPD PPSI Galuh Ciamis ini adalah sebagai penampung aspirasi semua paguron yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Kami berharapa bantuan Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk menegaskan bahwa PPSI adalah wadah resmi seni tradisi yang diakui oleh UNESCO dan dunia Internasional. Salahsatunya seni tradisi pencak silat” imbuhnya

Masih dikatakan Abah Iman, dalam pencak silat mempunyai nilai yang sangat luhur.

“Seni tradisi warisan kalau dalam bahasa sundanya tali paranti, bukan anya memiliki nilai moral tetapi memiliki nilai pendidikan untuk anak-anak generasi bangsa, kedisiplinan, karakter serta kesopan, budi pekerti, tatakrama” jelas Abah Iman.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih, saya menyebutnya para pejuang yang masih berdiri perguruan-perguruan pencak silat dan masih mejaga warisan sehingga mampu memberikan kontribusi khususnya untuk Kabupaten Ciamis dan lebih besarnya adalah Bangsa Indonesia” pungkasnya.

(Cemoy)

 501 total views,  2 views today

Komentar

NEWS