oleh

PTPN XII Laksanakan Giat Penanaman Pohon Dengan Tema “Satu Pohon Satu Kebaikan”

SERGAP.CO.ID

BANYUWANGI, || PTPN XII untuk Banyuwangi Lestari Pada hari ini, Sabtu, 15 Januari 2022 berlangsung acara penanaman ribuan pohon dalam acara PTPN XII untuk Banyuwangi Lestari. Acara berlangsung di Afdeling Rejosari, Kebun Kendenglembu, PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII).

“Dengan tema Satu Pohon Satu Kebaikan, acara ini merupakan wujud nyata PTPN XII dalam melestarikan alam
Banyuwangi terutama di Glenmore,” ujar Manager Kebun.

Kendenglembu, sekaligus Koordinator Manager Kebun PTPN XII Wilayah Banyuwangi, dan Ketua Gabungan Perusahaan Perkebunan (GPP) Wilayah IV Jawa Timur Benny Hendricrianto, S.P. Ia menyampaikan, saat memberi kata sambutan dalam acara tersebut.

Benny menambahkan, PTPN XII rutin melakukan penanaman pohon. Ini telah menjadi bagian dalam rencana kerja perusahaan setiap tahunnya. Jadi sebenarnya sudah sejak lama.

PTPN XII melestarikan alam, di mana kebun-kebun perusahaan berada. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi; Ruliyono, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi M. Khoiri, Direktur Radar Banyuwangi, Samsudin Adlawi, Direktur PT Industri Gula Glenmore; Yus Martin, perwakilan PT Kutai Timber Indonesia,
pengurus Gabungan Perusahaan Perkebunan (GPP) Banyuwangi, forpimka Kecamatan Glenmore, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Glenmore, Manager Kebun Kalisepanjang dan Malangsari PTPN XII, beserta mahasiswa perguruan tinggi.

Di awal acara, Kebun Kendenglembu memberi santunan kepada anak yatim. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolik oleh para tamu undangan VIP. Bibit pohon yang ditanam antara lain trembesi, mahoni, jabon, akasia, eucalyptus, dan sengon. Bibit-bibit ini hasil kerja sama antara PT Perkebunan Nusantara XII dengan PT Kutai Timber Indonesia, yang telah lama bersinergi dalam penanaman pohon di wilayah kebun PTPN XII.

Dalam kata sambutannya, Ruliyono mengapresiasi langkah yang dilakukan PTPN XII. “Dalam semangat ‘Banyuwangi Reborn’, mari kita lestarikan kembali alam Banyuwangi,” ujarnya.

Ia menambahkan, terutama di musim penghujan, dimana banyak terjadi bencana alam akibat kerusakan lingkungan, langkah penghijauan merupakan aksi nyata yang cerdas dan wajib ditiru.

Selama tahun 2021, tercatat jutaan pohon yang telah ditanam oleh kebun-kebun wilayah Banyuwangi PTPN XII yang berada di Glenmore, Kalibaru, Wongsorejo, Ketapang, dan Pesanggaran Banyuwangi. “Itulah yang bisa kami lakukan sebagai insan BUMN dalam menjaga kelestarian alam Indonesia,” tutup Benny.

( Iwan )

 134 total views,  4 views today

Komentar

NEWS