oleh

Hari Pertama Kerja Sekmat Kecamatan Mandalawangi Hadiri Musrenbangdes RKP Tahun-2022 /Du RKP-Tahun 2023

SERGAP.CO.ID

PANDEGLANG, || Hari pertama kerja Sekcam Kecamatan Mandalawangi Maman Sumantri SH langsung hadiri Musrenbangdes RKP Tahun – 2022/ Du RKP – Tahun 2023. Pengertian Musrenbang Desa
Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang selanjutnya disingkat Musrenbang.

Musrenbang Desa adalah forum rembug warga Desa yang dilakukan untuk membicarakan masalah dan potensi desa agar teridentifikasi dengan baik untuk memberikan arah dan kebijakan yang jelas menurut skala prioritas dan dilaksanakan dalam mengatasi masalah atau memaksimalkan potensi yang dimiliki sebagai dasar program kerja pemerintah desa dalam melaksanakan penganggaran dan kegiatan tahunan desa.

Hal itu disampaikan oleh Holid (Pendamping Desa) bahwa Maksud dan tujuan dari Musrenbang desa merupakan perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa/lembaga pemerintah lainnya yang ada di desa. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan pelaksanaan musrenbang desa hari ini “guna menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang”.

Holid meminta “diharapkan murenbang kali ini harus dapat melahirkan kesepakatan untuk menjadi ketetapan bagi warga masyarakat dalam perencanaan realisasi pembangunan kedepan”

Termasuk Menyepakati tim delegasi desa yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah desa pada forum musrenbang kecamatan yang tidak mampu di Danai oleh dana desa. “Ungkapnya.

Sementara itu camat Kecamatan yang diwakili oleh sekcam Maman Sumantri SH kasi pemerintahan Abdul Rouuf S.Sos dan pembangunan, Iryadi S.Ip menyampaikan dalam sambutannya, terkait lahirnya Perpres Nomor 104 tentang skala prioritas penggunaan dana desa tahun 2022 itu sudah diatur dengan rincian 40% untuk BLT, 20% untuk Ketahanan pangan dan hewani, dan 8% untuk penanggulangan covid 19.

Namun beliau meyakini bahwa “kepala Desa Sinarjaya dengan semangat dan akses yang dimilikinya akan tetap mampu melakukan dan melaksanakan program dan kegiatan pembangunan kedepan sekalipun dana desa sudah dikunci untuk pelaksanaan ketiga aitem tadi. ” Imbuhnya.

Dendi Alpian (Kepala Desa Sinarjaya) menegaskan bahwa Musrenbang hari ini adalah sebagai bentuk tranparansi pemerintah desa pada masyarakat dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sekaligus pemeliharaan kegiatan pembangunan yg akan maupun yang sudah dilakukan.

Dendi menambahkan “agar kesempatan ini dijadikan sebuah momentum bagi warga masyarakat untuk menyampaikan segala macam usulan untuk perencanaan ditahun mendatang”

Apresiasi dan dukungan serta motivasi yang disampaikan oleh Iwan Sofwan SH (Ketua BPD) pada kesempatan itu pula turut memberikan paparan dalam sambutannya ” kami (BPD) siap untuk membantu semaksimal mungkin sesuai dengan tupoksi kami dalam mewujudkan pembangunan di wilayah desa sinarjaya yang transparan” Pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, TPP Kecamatan Mandalawangi Kapolsek Mandalawangi yang di wakili Bripka Teja Danramil Mandalawangi Ah kapten inpatri Mulyana Tokoh Agama, Ketua RT/RW, Ketua PKK, Kader Posyandu, pengurus Karang Taruna dan tamu undangan lainnya.

(Kamri S)

 244 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS