oleh

Universitas Kuningan Selenggarakan Kegiatan Bertema “Malam Anugerah Mahasiswa Berprestasi” Tahun 2021

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan kampus pertama di Kabupaten Kuningan, pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan bernama “Malam Anugerah Mahasiswa Berprestasi” tahun 2021.

Acara yang dikemas seperti malam penganugerahan yang ada di televisi nasional, berlangsung meriah dengan dihadiri perwakilan Belmawa Dikti, pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Rektor Uniku bersama para Wakil Rektornya, Direktur Sekolah Pascasarjana dan Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi (Prodi) dan Sekretaris Prodi, Kepala Tata Usaha, dosen dan para mahasiswa dan mahasiswi berprestasi tahun 2021.

Malam penganugerahan mahasiswa berprestasi yang digelar menggunakan metode hybrid (daring dan luring), dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat kampus I Uniku, Sabtu (29/1/2022) malam.

“Mahasiswa berpestasi yang berbahagia, ada beberapa jalur penghargaan yang ditorehkan. Dimulai dari tingkat Kabupaten ada 11 orang, tingkat Provinsi sebanyak 13 orang, tingkat Nasional ada 29 orang dan tingkat Internasional ada 6 orang mahasiswa,” kata Wakil Rektor IV Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., saat mengawali laporannya.

Menurutnya, partisipasi kegiatan MBKM uniku ikut berpartisipasi di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi sebanyak satu (1) orang mahasiswa, KN-MIPA ada 6 mahasiswa, NUBC tiga (3) mahasiswa dan KDMI ada tiga (3) mahasiswa.

“Kemudian, kegiatan PKM satu (1) Kelompok terdiri dari empat (4) mahasiswa, KBMI ada 3 kelompok dengan 9 mahasiswa dan program KMMI ada empat (4) Course dengan total mahasiswa271 orang,” ujarnya.

Selain itu, masih menurutnya, Uniku juga ikut terlibat di program PHP2D ada lima (5) kelompok dengan 100 mahasiswa yang terlibat dan program LIDM ada dua (2) kelompok dengan total delapan (8) mahasiswa.

“Bukan hanya itu, program Magang MSIB ada 21 mahasiswa, Magang PMMB ada 38 mahasiswa dan Kampus Mengajar ada 333 mahasiswa,” ucapnya.

Di program PMM , ada 46 mahasiswa, kemudian PKKM , Kemenkop ada satu (1) mahasiswa.

“Selanjutnya, Kemenpora ada enam (6) mahasiswa, Indonesia Bangkit dan Modul Nusantara, Uniku lolos pada program-program tersebut,” ucapnya lagi.

Sedangkan, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., mengatakan, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pada malam hari ini dengan harapan kedepan kegiatan tersebut tetap dilaksanakan kembali.

“Harapannya juga Belmawa dapat menyampaikan ke Mas Menteri, bahwa ada perguruan tinggi di daerah yang berada di timur Jawa Barat yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, ada perguruan tinggi bernama Uniku, yang mudah-mudahan termasuk salah satu perguruan tinggi yang berprestasi,” ujarnya optimis penuh harap.

Sementara itu, perwakilan Belmawa Dikti Dr. Wachyu Hari Haji, mengatakan, Uniku beberapa tahun yang lalu mungkin saya gak mengenalinya, namun diperjalanan waktu tiga (3) tahun ini Uniku semakin dikenal dengan berbagai raihan prestasinya.

“Saya sempat berpikir, emang ada kampus di daerah Kuningan. Dikira saya Kuningan Jakarta, tetapi perkiraan saya salah ternyata Kabupaten Kuningan yang ada di Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Diterangkannya, beberapa waktu lalu, Uniku selalu muncul dalam berbagai kegiatan dan berhasil menorehkan prestasi yang sangat luar biasa

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada seluruh orang tua mahasiswa yang telah mendukung anaknya untuk berprestasi,” terangnya.

Tak lupa saya juga sampaikan kepada dosen yang telah memberikan bimbingan kepada para mahasiswa Uniku yang berprestasi.

“Saya sampaikan juga apresiasi kepada seluruh mahasiswa Uniku yang telah berprestasi mengharumkan nama baik pribadi, keluarga, lembaga kampus Uniku, Kabupaten maupun Provinsi Jawa Barat,” ucapnya lagi.

Diakhir sambutannya, Ia juga sampaikan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus Yayasan, Pimpinan Uniku yang selalu mendukung dan tegas untuk selalu mendukung program Kemendikbudristekdikti.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, ucapan terimakasih kepada Belmawa Dikti, para dosen dan staf Uniku yang telah memberikan dukungannya bagi mahasiswa kita untuk berprestasi.

“Momentum malam penganugerahan ini sebagai salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi kami Uniku kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi,” ujarnya.

Melalui program MBKM yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Uniku menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Uniku.

“Program ini sebagai wahana bagi mahasiswa untuk menggali, mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa sebelum mereka terjun di dunia industri atau kerja yang sebenarnya,” ucapnya.

Diterangkannya, Uniku terpilih sebagai salah satu dari 14 perguruan tinggi terbaik program MBKM Kemendikbud RI.

“Alhamdulillah, Uniku mendapatkan kepercayaan dengan terpilih sebagai 14 perguruan terbaik program MBKM Kemendikbud RI,” terangnya.

Ia juga berharap, semoga kedepannya, mahasiswa dan mahasiswi Uniku lebih banyak lagi yang berprestasi.

“Saya yakin dan percaya, akan lebih banyak lagi prestasi yang diraih. Untuk itu, tetap terus bersemangat untuk terus melahirkan prestasi – prestasi lagi yang kembali ditorehkan oleh para mahasiswa Uniku,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, bukan hanya mahasiswa berprestasi saja yang diganjar penghargaan, namun dosen juga ada yang mendapatkan penghargaan.

(Agus M)

 320 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS