oleh

Karang Taruna Gedung Agung Adakan Dialog Terbuka Dengan Pihak Perusahaan Berjalan Alot

SERGAP.CO.ID

GEDUNG AGUNG, || Jumaat tanggal 4 Pebruari 2022 di lokasi pasar kalangan Desa Gedung Agung Jln lintas Sumatera Merapi Timur Lahat Sumsel.

Karang Taruna Desa Gedung Agung adakan temu sulaturahmi antara masyarakat Desa Gedung Agun dengan Pihak PT LDP groub. Hadir pada pertemuan itu warga dan Kepala Desa Gedung Agung Frengky Camat Merapi Timur Edialis Pokal Babinsa Serda Eko dan Wakil dari Polsek Merapi.serta dari Pihak PT.LDP saudara Erpan juga hadir Emak Emak PPL MT yang di pimpin ibu Kartini Cs.

Dialog terbuka itu di atur oleh pihak Karang Taruna Desa Gedung Agung Sesion pertama yang di beri kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dari karang taruna yang di wakili oleh Apandi.

Apandi mempertanyakan tentang konpensasi debu batu bara terhada perusahaan yang berada di desa gedung agung terutama berapa banyak perusahaan sudah memberikan kontribusi nya dan juga masalah perekrutan sumber tenaga kerja yang sudah di akomodir oleh PT LDP.kemudian masalah jasa penerpalan yang selama ini di nilai nya hanya orang orang itu saja yang bekerja dan tidak terkesan keadilan. “Ujar Apandi

Kemudian ketua Karang Taruna Desa Taruna Gedung Agung Ritno steven mempertanyakan pembagian tentang income desa yang di nilai nya belum ada sama sekali terhadap Desa Gedung Agung. “Tuturnya.

Perwakilan dari pihak PT LDP Erpan menanggapi pertanyaan baik dari masyarakat maupun dari Kelimpok Karang Taruna dengan Bijak dan Tegas.

Bahwa syah nya PT LDP adalah Stoke File bukan menambang batu bara. Sehingga PT LDP grob dsini hanya mengambil upahan jasa angkutan dan jasa penampungan batu bara sementara dan itu kalau aktif akan tetapi sekarang PT LDP saja dalam oprasional saat ini berkurang sehingga kita harus banyak mengurangi tenaga kerja. “Pungkasnya.

Ditambah lagi oleh Erpan bahwa PT LDP selama sudah berperan aktif falam hal perekrutan tenaga kerja hampir 60 orang yang selama ini warga Desa Gedung Agung yang bekerja di PT LDP terang Erpan. Tapi mustahil kalau PT LDP semua warga desa gedung agung kita tampung semua.

Mengenai konfensasi debu dan penyapuan pihak PT LDP sudah sangat berperan aktif dan ini sudah serakan ke pihak Asosiasi Pahala dan di bagikan oleh Forum PPL MT ibu Kartini.

Kalau kami lihat PPL MT sudah sangat Amanah untuk membagikan dana konfensasi dari pihak Perusahaan dan kami pun ikut hadir dalam pembagian sembako yang di lakukan oleh PPL MT terhadap 8 desa satu kelurahan se kecamatan merapi timur. “Jelasnya Erpan

Sementara itu Ketua PPL MT Kartini mengatakan bahwa konfensasi dari pihak perusahaan pemegang IUP atau Stoke File juga transportir sudah berjalan dengan baik dan ini tidak ada masalah karena selama satu tahun kami memperjuangkan masyarakat yang terdampak debu batu bara dengan jungkir balik kami sempat beberapa kali mengadakan aksi unjuk rasa memutar balik angkutan truk batu bara itu untuk memperjuangkan hak Konfensasi debu warga yang terdampak. “Cetusnya.

Dan kami sudah berjuang dengan ibu ibu se kecamatan merapi timur ini hingga sampai ke Gubernur sumsel Herman Deru melaui ESDM Provinsi sumsel. Pihak tambang yang jumlah nya 23 Perusahaan yang baru berkontribusi hanya 6 perusahaan itupun mereka agak tersendat sendat.jadi bukan mudah untuk memperjuankan hak dana konfensasi iru di dapati. “Paparnya Kartini.

Kartini pun menantang karang taruna berdemo ke RI 1 ke bapak Jokowi Presiden RI “Kalau kamu berani.saya di depan menghadapi bapak presiden.kalau ada warga yang mau bertanggung jawab. Semua nya terdiam mendengar ajakan ketua PPL MT ini untuk demo terhada Presiden.

Lain hal lagi Emran tokoh masyarakat dan mantan sekdes gedung Agung 15 Tahun.mengatakan terhadap karang taruna. Kita jangan hanya saja terfokus dengan perusahaan batu bara saja.” Mara kita berembut dengan tokoh masyarakat BPD bersama Elemen elemen yang kita usulkan untuk pamasukan desa melalu peraturan desa yang di setujui masyarakat dan pemerintah desa. ” Kita tidak bisa mintak duet terhadap perusahaan sendiri sendiri itu tidak bisa itu nama nya pungli.

” Kita ajak Kades BPD lembaga lembaga lain nya karang taruna untuk berembut bentuk petaturan Desa tentang pemasukan dana buat Desa.itu cara yang sangat Elegant. “Imbunya Emran.

Sementara itu kepala desa Gedung Agung Frengky berharap kepada Perusahaan yang berada di lingkungan wilayah desa ini.hendak nya jika menerima karyawan sebaik yang di utamakan adalah warga gedung agung serta melampirkan surat rekomendasi Dari Pemerintah Desa Gedung Agung jika tidak jangan di terima. “Tegasnya Kades ini

Selanjut Camat Merapi Timur Edialis Pokal mengharapkan semua masyarakat desa gedung agung jika memang memerlukan terhadap perusahaan yang ada di desa Gedung Agung ini hendak secara baik baik.jangan sampai terjadi masalah.kalau memang warga memerlukan pekerjaan lapor dengan pak kades nya.nanti pak kades nya yang meloby perusahaan .jan memakai tindakan yang kurang baik. Perusahaan kalau merasa di desa ini tidak kondusif lagi mereka akan pergi.nah yang rugi warga desa kita tutup Camat Merapi Timur Edialis Pokal…

(Herman Sergap)

 198 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS