oleh

Acara Syukuran Penempatan Gedung baru “Kantor Bupati” Menuai Kritikan Keras Dari Para Ninik Mamak Tanah Sekudung

SERGAP.CO.ID

KERINCI, || Acara silahturahmi dan Syukuran untuk menempati kantor baru Bupati Kerinci, Provinsi Jambi,

Yang konon …… baru selesai di bangun, acara syukuran tersebut diselenggarakan pada hari kamis, 4/2.

Konon…..acara syukuran tersebut mengundang polimik yang sangat nyata, diduga karena Depati Ninik Mamak Luhah Depati Intan Siulak Mukai yang memiliki Ajun Arah di wilayah Bukit Tengah, tidak pernah diberi tahu dengan acara yang serba mendadak itu.

Memang ……Acara syukuran itu dikecam oleh salah satu pengurus adat Luhah Depati Intan Siulak Mukai Armandani yang ber gelar Rajo Liko, pada media ini 4/2. Di kediamanya, bahasa daerahnya mengatakan “Ya kami selaku pengurus, merasa tahu mengapa.. ? Dalam acara tersebut tampa pemberitahuan secara adat istiadat Depati ninik mamak Luhah Depati Intan Siulak Mukai, Yang seharusnyo menurut sepanjang adat kejo ​​kecik di beri tau, kajo gedang di pulangkan di karenakan kami yang memiliki ajun arah, ” Ungkapnya kepada media ini.

Namun yang jadi pertanyaan besar kami diberi tau kemano,,…….? Dan dipulangkan kemano………? Sehingga depati ninik parbokalo bungkam yang empat tidak hadir di acara tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, dalam acara tersebut kami merasa diremehkan, maka dari itu menurut adat, mintak maaf, salah melangkah surut, salah dalam adat berutang, karno⁹ yang seharusnyo acara ini, mano tambilang tacacak disitulah tanaman tumbuh, dimano bumi dipijak disitu langit di junjung, dimano kito burado disitulah adat (Dipakai)” tutup salah satu pengurus adat depati intan, Armandani. Gelar Rajo Liko,dengan nada sedikit kesal

Dengan permasalahan yang telah terjadi ini, sejumlah awak media pun menjadi bingung, kemana harus melakukan konfirmasi lebih lanjut tentang syukuran yang dilakukan Bupati kerinci, dalam rangka penempatan gedung baru.

(Rusdi P)

 736 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS