oleh

Menejemen RSUD Dr. HM Rabain Diduga Melakukan Pembiaran Terhadap Lambannya Pelayanan

SERGAP.CO.ID

MUARA ENIM, || Salah satu warga Muara Enim mengeluhkan merasakan kurangnya pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HM Rabain Muara Enim pasal nya warga ini menilai para medis diduga telah melakukan pembiaran terhadap lambannya pelayanan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit terhadap salah satu pasien berinisial ZM (89) warga Muara Enim. Sabtu (05/2/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu anak pasien bernama “IK” menerangkan ayahnya pasien berinisal ZM masuk rumah sakit RSUD HM Rabain melalui UGD pukul 16.00 kamis sore (3/2) sudah mengikuti prosedur dari pihak rumah sakit untuk dilakukan PCR.

IK menerangkan, namun pada hari Jumat (4/2) pukul 09:00 pagi, ayahnya dilakukan tes PCR, namun sampai hari Sabtu pagi (5/2) hingga pukul 10.00 Wib hari ini belum ada kabar bahwa hasil PCR tersebut keluar dari pihak rumah sakit. “Ujar IK.

“Nah yang kami khawatirkan itu kondisi ayah karena pihak medis belum dapat melakukan tindakan selanjutnya walaupun hasil pemeriksaan keseluruhan sehat. Karena menunggu hasil PCR, info dari pihak rumah sakit pun tidak jelas, menimbulkan dampak Psikologi terhadap orang tua saya dan keluarga. Jika terjadi apa-apa kepada ayah saya, siapa yang akan bertanggung jawab. “Ungkap Iwan Kurniawan, anak pasien kepada media ini Sabtu (5/2).

IK menjelaskan dengan kondisi pelayanan tersebut membuat khawatir keluarga, karena seolah-olah pembiaran pasien yang di lakukan pihak rumah sakit daerah tipe B rujukan sejumlah daerah tersebut. Sehingga hal itu dianggap rumah sakit daerah Muara Enim ini nak diomongke profesional dalam melayani masyarakat yang membutuhkan. “Imbuhnya.

“Kami tidak nyaman, karena hasil PCR terlalu lama. PCR ini sudah hal umum dan penting apalagi dengan kondisi pandemi sekarang yang belum jelas sampai kapan, secara umum hasil PCR ini tidak sampai 24 jam. ” Keluh IK.

Sementara itu Pihak rumah sakit Rabain membawa tes PCR ayah saya itu ke rumah sakit di Tanjung Enim, sampai sekarang kami masih menunggu hasilnya. Menurut pihak rumah sakit juga, jika memakai BPJS, tes PCR dibawa ke rumah sakit Palembang bisa menunggu dua sampai tiga hari. Nah, rupanya Rumah sakit sebesar ini tidak memiliki alat PCR sendiri dan harus di tempat lain untuk menunggu hasil tesnya.

Saat di komfirmasikan terhadap pihak rumah sakit RSUD HM. Rabain saat di konfirmasi Sabtu (5/2/red) melalui petugas jaga RSUD HM. Rabain resepsionis mengatakan jika pelayanan humas RSUD HM. Rabain pada hari sabtu libur.

Kemudian awak media ini berusaha kembali menghubungi pihak Humas RSUD HM Rabain melalui pesan Whaatshap serta menelpon di nomor telpon di xxxx-xx00-060 tidak menjawab pesan whatshApp dan telpon Whatsapp.

Selanjutnya, secara terpisah, Wakil Direktur RSUD HM. Rabain Dr. Hendriyatno berhasil di hubungi melalui pesan singkatnya terhadap adanya perihal tersebut mengatakan kalau hasil PCR di daerah yang ia tahu paling cepat 3 hari sampai 7 hari.

” Nah, PCR ini harus menunggu hasilnya tidak bisa begitu di periksa langsung ada hasil, apalagi hasilnya kita kirim ke Lahat. “Terangnya.

Di singgung media ini, terhadap adanya alat PCR di RSUD HM Rabain, Hendri mengatakan RSUD HM Rabain belum ada alat PCR.

” Kalau tidak salah tempo hari sudah diusulkan Dinkes untuk pengadaan PCR tapi tidak tahu sampai kemana usulan tersebut coba tanya kadinkes dan masalah anggaran itu yang tahu Kadinkes. Jadi kalau ada alat PCR itu nantinya ada di Labkesda dan ruangan nya harus khusus,” tegasnya lagi.

Sementara itu saat di hubungi Pj Bupati Muara Enim HNu .via Whatshapp(WA 5/2 Pkl 16.02) menjawab sudah kita Atensikan akan ditindak lanjut kepada pihak yang terkait. “Jawabnya Bupati.

(Herman Sergap)

 288 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS