oleh

Ketua Forum Kades Merapi Timur  “Dinilai hanya  BerAsumsi saja ” Tentang Dana Konfensasi dampak Debu

SERGAP.CO.ID

MERAPI TIMUR, || Sangat disayangkan dalam pernyataan seorang kepala Desa terhadap di media online mengatakan bahwa dana Konfensasi dari Perusahaan Tambang Batu Bara Terhadap warga pinggir jalan yang terdampak debu “di nyatakannya tidak jelas”

Ini yang membuat Ketua Persatuan Peduli Lingkungan Merapi Timur (PPL-MT) Angkat suara.

Kartini menjelaskan bahwa dana konfensasi selama ini sekitar empat bulan dari bulan Nopember 2021 hingga bulan Januari 2022 sudah kita laksakan pendistribusian nya terhadap warga yang terdampak langsung secara bergilir. “Terangnya.

Caption : Ini kegiatan PPL-MT Yang mewakili warga desa membersihkan debu

Tambahnya lagi oleh Ketua PPL-MT ini bahwa pernyataan ketua Forum Kades Merapi Timur yang juga sebagai Kepala Desa Tanjung Jambu di nilai Kartini bahwa Beliu hanya Mis Komunikasi saja dengan warganya.

Sebab kita di semua Desa yang terdampak itu sudah ada perwakilan warga desa sebagai koordinator khusus untuk menyampaikan atau menyalurkan dana yang berupa Sembako dan lain-lainnya terhadap warga yang berada di pinggir jalan.

Seperti di desa Tanjung Jambu itu koordinatornya saudari Weli Abu dan semua desa yang terdampak ada koordinator. “Tambah Kartini.

Kami juga menerima dana konfensasi dari Perusahaan batu bara melalui Asosiasi Pahala sebagai mediasi kami. Dan perusahaan yang memberikan dana tersebut baru 8 perusahaan akan tetapi sekarang tinggal 4 perusahaan dan ini sudah kita salurkan.

Mengenai dana konfensasi dari perusahaan 70 Juta untuk Merapi Barat 50 Juta Untuk Merapi Timur itu baru bentuk Wacana Asosiasi Pahala. Padahal kenyataannya sekarang belum terealisasi, tidak usah mau berikan dana sebesar itu. Yang hanya Sepuluh juta saja hanya segelintir perusahaan. “Keluh Kartini.

Jadi saya sangat menyayangkan terhadap bapak Kades Tanjung Jambu yang menyatakan seluruh kades baik di Kecamatan Merapi Timur dan Barat tidak mengetahui dana Konfensasi itu apakah sudah di terima warga atau belum.

Sebaiknya pak Kades Tanjung Jambu sebelum membuat pernyataan di media seharusnya bertanya tanya dulu dengan perangkat Desa agar setiap membuat pernyataan di media tidak gagal paham. “Pungkas kartini.

Selain itu tambah Kartini, setiap kami menyalurkan bantuan pembagian sembako kita Undang semua seperti Camat Merapi Timur Danramil Polsek juga Perwakilan dari perusahaan serta pihak Asosiasi Pahala.

Pernyataan Kartini ketua PPL-MT di benarkan oleh Koordinator Desa Tanjung Jambu Weli Abu yang mengatakan bahwa dana konfensasi untuk Desa Tanjung Jambu sudah bagikan semua terhadap masyarakat yang berada di pinggir jalan secara bergilir dan dalam empat bulan akhir ini hampir semuanya rampung merata. “ Jelas Weli.

” Kita memang tidak berkoordinasi dengan Kades akan tetapi kami temui Sekdesnya bahwa kami akan memberikan sembako beras 5 kilo gram terhadap warga.”Ungkap Weli.

Kami kira pak Kades sudah mengetahuinya. “Tambahnya Weli.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pahala yang berfungsi sebagai akses Perusahaan terhadap Masyarakat dalam penyaluran dana Konfensasi dampak Debu mengatakan yang dana 70 juta untuk Merapi Barat dan 50 juta untuk Merapi Timur itu baru berupa Wacana dulu. Sedang dana yang sudah di sepakati oleh warga PPL-MT dan Emak Emak Merapi Barat (10) sepuluh juta setiap perusahaan hanya 8 perusahaan yang menyanggupi dan sekarang hanya 4 perusahaan yang aktif. “Terangnya A.Rozi Andriansyah.SE.

Kita sudah berbulan bulan untuk mengupayakan supaya perusahaan tambang batu bara untuk berperan aktif semua terhadap konfensasi kepada warga akan tetapi kita tidak bisa memaksa mereka hanya beberapa perusahaan saja yang masih peduli. “Tegas Rozi.

Sementara ketua Forum Kades Merapi Timur Ramdhoni SE yang di mintai klarifikasi melaui pesan WhatshaApp Minggu13/2/22) sekitar pukul 12.11 wib hingga berita ini Tayang belum ada jawabannya.

(Herman Sergap)

 258 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS