oleh

Desa Wisata Sedari Karawang Masuk West Java Calendar of Event (WJCOE) 2022

SERGAP.CO.ID

KAB. KARAWANG, || Desa Wisata Sedari menjadi salah satu tempat wisata yang masuk ke dalam West Java Calendar of Event (WJCOE) 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jawa Barat pada live streaming Smilling West Java, Selasa (15/2/2022).

Kepala Bidang Pemasaran pada Dinas Pariwisata dan  Budaya (Disparbud) Kabupaten Karawang, Dadan Hendrayana memgatakan, dalam acara tersebut disampaikan ada 50 kalender event kegiatan wisata yang ada di Jawa Barat. 

“Untuk Kabupaten Karawang sendiri kita masuk eventnya itu kegiatan Festival Perahu Cantik Goyang Karawang, rencana pelaksanaan akan dilaksanakan di Pantai Sedari, Desa Wisata Sedari kemudian pelaksanaannya tanggal 10-11 November tahun ini,” kata dia ketika ditemui di Kantor Disparbud Kabupaten Karawang, Rabu (16/2/2022).

“Mudah-mudahan bisa terlaksana, mudah-mudahan Covid-19 sudah mereda, karena kalau masih tinggi otomatis tidak bisa dilaksanakan. Kaitan tadi dengan desa wisata Jawa Barat itu memang sedang kita gencar-gencarnya melakukan pembinaan untuk membentuk desa wisata di seluruh Jawa Barat termasuk Karawang. ” Imbuhnya.

Menurutnya, dengan didukungnya Perda Desa Wisata, pihaknya bisa terus berupaya dalam membangun potensi wisata yang ada di desa-desa di wilayah Kabupaten Karawang.

“Alhamdulillah Karawang sendiri sudah punya Perda kaitan Desa Wisata, kita sudah punya kebijakan hukumnya dan ini tinggal dilaksanakan oleh kita beserta seluruh desa yang ada di Kabupaten Karawang. Karena potensi desa wisata di kita ini sangat cukup banyak sekali, hanya belum tergali, belum ada gerakan dari masyarakat setempat, karena kita butuh masyarakat untuk mendorong desa yang memiliki potensi wisata. ” Pungkasnya.

Dia merinci, sejak tahun 2018 masyarakat yang berada di Desa Sedari menginginkan wilayahnya tersebut menjadi tempat wisata dengan melibatkan beberapa tokoh masyarakat setempat beserta calon investor.

“Seperti contoh Desa Sedari itu kita sebut desa ajaib, karena di tahun 2018 mereka ke Disparbud lalu ekspos kaitan Desa Sedari itu ingin menjadi desa wisata, karena mereka ada keinginan melalui kepala desa dan tokoh masyarakat beserta calon investornya dibawa untuk pengembangan di sini di 2018, dan Alhamdulillah di 2019 ada pengembangan dan mereka sudah menghasilkan PAD untuk kita, berikut pun tahun berikutnya sudah menghasilkan PAD. ” Ujarnya.

“Ekonomi masyarakat pun berkembang yang tadi awalnya pendapatan mereka puluhan ribu sudah jutaan kaitan dengan penjualan hasil nelayan yang ada di sana. Potensinya banyak, ada mangrove, rumput laut dan itu masih belum tergarap semua karena dari SDM masih terbatas dan perlu edukasi-edukasi yang harus kita lakukan, beberapa sudah kita lakukan dengan menggandeng beberapa perguruan tinggi, kaitan KKN, penelitian di desa tersebut sudah kita lakukan dengan potensi yang bisa dikembangkan yang nantinya bisa mengundang pengunjung ke sana.” Tambahnya.

Dadan berharap, dengan munculnya WJCOE 2022 ini bisa membangkitkan potensi wisata di desa-desa yang berada di Kabupaten Karawang serta mengajak masyarakat untuk bisa menggali potensi yang bisa dijadikan tempat wisata.

“Kita dengan tangan terbuka kalau pun ada desa yang ingin berkembang dengan wisata mari bersama-sama kita memajukan desa wisata yang ada di Kabupaten Karawang, karena banyak potensi di desa yang belum tergali dan kami juga butuh rekan kerja, butuh tim terutama dari desa-desa yang ada di Kabupaten Karawang untuk bisa dijadikan desa wisata ini, dan mudah-mudahan bisa menjadi destinasi wisata di Jawa Barat maupun nasional. ” Ungkapnya. 

(Liputan : Ahmad Z)

 308 total views,  4 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS