oleh

Paguron Silat PPSI Ciamis, Isi lomba Baca Sajak Sunda

SERGAP.CO.ID

KAB.CIAMIS || Perguruan Pencak Silat Mustika Suci yang merupakan anggota dari Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabuapten Ciamis dipercaya untuk mengisi pembukaan kegiatan Lomba Baca Sajak Sunda karya budayawan Ciamis Godi Suwarna yang dilaksanakan di Aula Dasa Darma Ciamis, Jawa Barat.

Lomba baca sajak sunda tersebut dalam rangka Memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional (mieling poe basa indung sadunya) yang jatuh pada hari besok senin tanggal 21 Pebruari 2022 yang digagas oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis H. Nanang Permana SH.

Ketua Perguruan Pencak Silat Mustika Suci Aji Pebriansyah mengatakan dirinya merasa bersyukur telah dipercaya oleh Ketua DPC PDIP Ciamis H. Nanang Permana untuk mengisi dalam pembukaan lomba baca sajak sunda. (Minggu, 20/02/2022).

Paguron Silat PPSI Ciamis, Isi lomba Baca Sajak Sunda

“Loba baca sajak sunda ini merupakan acara besar se jawa barat, tentunya saya merasa bangga bisa ikut terlibat didalamnya” ungkapnya.

“Pencak silat yang kami suguhkan dalam pembukaan tadi dibagi tiga bagian, tunggal, rampak dan ijen” tambah aji.

Masih menurut Aji Pebriansyah, “Pencak silat tradisi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya leluhur yang harus dijaga.

“Pecak silat yang saya tampilkan tadi merupakan jalan untuk lebih memperkenalkan kembali pada masyarakat, bahwa silat tradisi di kabuapten ciamis itu masih ada, bahkan banyak dan diwadahi oleh PPSI” terangnya.

“Harapan saya kedepannya pecak silat bukan hanya ditampikan pada acara acara seperti ini, tapi bisa masuk pada dunia pendidikan, sehingga anak anak sekolah lebih mudah untuk belajar silat tradisi” jelasnya.

“Tentu semua itu bisa terwujud dengan adanya kerjasama semua pihak, terutama dorongan dari pemerintahan, baik eksekutif maupun legislatif” pungkasnya.

(Cemoy)

 300 total views,  2 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS