oleh

Survei Lokasi di Desa Cikalahang, Kadis Budpar : Sudah Masuk Menjadi Desa Wisata di Kab. Cirebon

SERGAP.CO.ID

KAB. CIREBON, || Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, memiliki sejumlah potensi obyek wisata yang layak diandalkan untuk menjadi tujuan wisatawan.

Potensi alam yang dimiliki di Desa Cikalahang menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Selain Situ Pejaten dan Situ Batu Tulis Huludayeh, ada juga sawah terasering serta Obyek Wisata Panorama Batu Karang Pajaten.

Potensi alam yang potensial ini didukung wisata kuliner ikan bakar yang memang sudah dikenal sejak lama.

“Sudah masuk menjadi Desa Wisata di Kabupaten Cirebon. Desa Cikalahang punya sejumlah potensi obyek wisata yang bagus. Penataan obyek wisata yang ada perlu dilakukan. Pemerintah Desa Cikalahang, Pemerintah Kabupaten Cirebon dan elemen masyarakatnya harus sinergi untuk berjuang melakukan penataan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Budpar) Kabupaten Cirebon, Dr. Deni Nurcahya, S.T., M.Si., saat meninjau obyek-obyek wisata di Desa Cikalahang pada Rabu, (16 Maret 2022).

Survei Lokasi di Desa Cikalahang, Kadis Budpar : Sudah Masuk Menjadi Desa Wisata di Kab. Cirebon

Dalam kunjungannya, Deni didampingi Camat Dukupuntang, Sukana, Kepala Bidang Pariwisata di Budpar serta Kuwu Cikalahang, Oom Komarudin.

Menurut Deni, penataan dan optimalisasi obyek wisata di Desa Cikalahang butuh dana besar, sehingga perlu meminta bantuan ke pemerintah provinsi dan pusat.

“Kita sinergikan dulu antara warga, pemerintah desa dan elemen masyarakat di Desa Cikalahang, untuk sama-sama punya komitmen dalam berjuang mewujudkan sebagai desa wisata. Pemerintah daerah melalui dinas-dinas terkait tentunya siap memberikan program untuk mendukung Desa Cikalahang,” lanjutnya.

Kuwu Cikalahang, Oom Komarudin mengakui penataan dalam mewujudkan sebagai desa wisata butuh dana sangat besar. Karena itu, pihaknya butuh dukungan dan arahan dari pemerintah daerah.

Menurutnya, Obyek Wisata Panorama Batu Karang Pejaten masih sangat luas lahan yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya ingin membuat tempat berkemah yang lebih kekinian. Spot selfie juga dibuat untuk menarik minat wisatawan.

Situ Pejaten, lanjutnya, selama ini juga menjadi tempat berkemah para pelajar, tempat untuk outbound dan wisata keluarga. Hanya saja, masih perlu banyak penataan dan perbaikan fasilitas.

(Agus S/MN)

 326 total views,  4 views today

Sergap SERGAP

Gambar Gravatar
Untuk Menghindari Hal-Hal Yang Tidak Diinginkan, Kepada Instansi Yang Terkait Dan Narasumber Dapat Menanyakan Dengan Jelas Identitas Wartawan Kami Dan Memperhatikan Masa Berlaku Kartu Anggota/Surat Tugasnya Serta Nama Yang Bersangkutan Tercantum Di Box Redaksi Kami

Komentar

NEWS