oleh

Cetak Prestasi Di Perantauan Kakak Adik Asal Minang Terima Penghargaan Dari Walikota Tasikmalaya

SERGAP.CO.ID

KOTA TASIKMALAYA, – Kota Tasikmalaya terus menunjukan hasil positif, Pembinaan atlet karate setelah para Atletnya  tampil sebagai juara diberbagai event baik tingkat Regional maupun Nasional.

Cabang Olahraga (cabor) karate terus melahirkan atlet berprestasi,  kali ini muncul dua nama atlet muda bersaudara Kakak beradik asal minang kabau Sumatera Barat, yang sukses mencatat segudang prestasi di berbagai event regional maupun nasional.

Dua atlet  bersaudara asal Minang itu adalah Azka Jovita S.A (15) dan Afza Lailani SC (11), anak dari pasangan Sertu Syahrial yang berasal dari Pasaman Barat Suku  Koto dan Ny. Rosnina Rayati berasal dari Bayur Maninjau Suku Guci, dimana dalam 3 tahun belakangan ini dua atlet bersaudara ini  sukses menorehkan sederet prestasi di perantauan dari beberapa event baik tingkat Kota Tasikmalaya,  regional Jawa Barat dan Nasional. 

Caption : Kedua saudara kandung dari pasangan Sertu Syahrial dan isteri Ny. Rosnina Rayati

Maka tak heran, jika dua bersaudara ini, menerima penghargaan sebagai Insan Olahraga Berprestasi yang telah membawa harum nama baik Minang di perantauan dari Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman tadi pagi dihalaman Balekota Tasikmalaya Sabtu (17/10/2020).

Pemberian penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-19 yang jatuh pada hari ini,  Sabtu 17 Oktober 2020 di Halaman Balekota Tasikmalaya.

Kedua saudara kandung dari pasangan Sertu Syahrial dan isteri Ny. Rosnina Rayati,  mengaku bahagia  sekaligus bangga usai menerima penghargaan dari Walikota Tasikmalaya. “Syukur Alhamdulilah,  mudah mudahan penghargaan ini jadi motivasi buat kami dan warga Minang yang ada di Tasikmalaya untuk lebih giat berlatih dan menjadi atlet lebih baik lagi dalam meraih preatasi,”  ungkap Azka yang diamini adiknya Afza  usai menerima penghargaan.

Bahkan kedua bersaudara ini menceritakan pengalamannya saat terakhir mencetak prestasi diberbagai lomba kejuaraan.

Caption : Azka Jovita S.A dan Afza Lailani SC Menerima Penghargaan Olahraga Berprestasi yang telah membawa harum nama baik Minang di perantauan dari Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman

Prestasi Azka diantaranya meraih Juara I O2SN SMP 2018,  Juara I Kata dan Komite,  Juara I komite Kadet se Kota Tasikmalaya 2020, Juara II Tata Gerak Kadet Putri,  Juara I Kata Perorangan Kadet Putri Se Kota Tasikmalaya 2020.

Selanjutnya pelajar kelas 8 MIPA 7 SMA Negeri 1 Tasikmalaya untuk tingkat Jawa Barat, Juara III Komite pemula putri, Juara III Kata Pemula Putri 2018 BJB Open, Juara I Kata Beregu Junior Putri,  Juara I Tata gerak Beregu junior putri,  Juara III Tata Gerak Kadet Perorangan Putri,  Juara III kadet komite putri tahun 2019 pada Kejurwil Jabar II, Juara III Kata Beregu pemula putri dalam  Kejurnas BKC bersama BP Batam tahun 2018. Dan masih banyak lagi sederet  prestasi yang diraih oleh  gadis asal Padang Sumatera Barat yang aktif juga diberbagai organisasi disekolahnya.

Sementara adiknya,  Afza yang kini masih duduk dikelas 7 G SMP Al Muttaqin Fullday School Kota Tasikmalaya,  ternyata tak kalah juga dalam meraih prestasi di Cabor yang sama Karate.

Bahkan adik kandungnya ini sejak duduk dibangku SD sudah mengikuti beberapa kejuaraan dan meraih prestasi,  diantaranya :

Juara II Kata Putri,  Juara I Komite Putri sekota O2SN Tasikmalaya 2019, Juara III Kata Pra Pemula NC Putri BJB Open 2018 jabar, Juara I kata NC Putri juara II Komute NC Putri Dansesko AU Lembang Bandung Jabar plus,  dan prestasi-prestasi lainnya diberbagai kejuaraan.

Caption : Dua Atlet  Bersaudara Cabang Olahraga (Cabor) Karate asal Minang Azka Jovita S.A dan Afza Lailani SC

“Sebenarnya pada bulan April 2020 lalu,  saya harusnya ikut Kejurda Jabar di Purwakarta dan Kejurnas pada September 2020.  Berhubung adanya  wabah Covid-19 ini,  agenda kejuaraan diundur,  padahal kita ini sudah dipersiapkan pelatih,  sebab saya dan kakak binaan BKC Kota Tasikmalaya,”ujar Afza.

Sederet prestasi yang diraih kedua atlet ini,  ternyata tidak lepas dari latihan dan disiplin yang diterapkan oleh kedua orang tuanya dan pelatih.

Kedua bersaudara itu berlatih karate sejak masih kanak-kanak. Azka dan Afza saat kecil tinggal di sebuah asrama Militer,  kebetulan ayahnya saat itu bertugas di kesatuan Yonif Raider 303/SSM Garut.

Caption : Saat berfoto bersama Sekda Kota Tasikmalaya

Ketertarikan Azka kakaknya kepada olahraga beladiri Karate,  karena selalu melihat sang ayah berlatih karate bersama anggota TNI di kesatuannya. Oleh karena itu,  Azka waktu kecil selalu menirukan gerakan beladiri karate,  hingga akhirnya mulai tertarik dan berlatih serius olahraga beladiri karate sejak usia 7 tahun. Sementara adiknya Afza tertarik menekuni karate dikarenakan termotivasi oleh sang kakak  yang selalu berlatih hingga bisa meraih prestasi.

Latihan yang terus menerus dan berjenjang membuat kedua saudara kandung yang sama sama bercita cita ingin menjadi Tentara seperti sang ayah,  ternyata begitu mahir dalam memperagakan beladiri karate. Bahkan kedua orang tuanya mengaku bahagia dan terharu melihat kedua putrinya itu bisa meraih prestasi dibidang olahraga yang ditekuninya sejak kecil.

Syahrial sang Ayah yang kini bertugas di Kodim 0612/Tasikmalaya berpesan jangan dulu puas atas prestasi yang diraih saat ini,  tetap berlatih dan terus berjuang untuk menorehkan prestasi terbaik yang bisa membanggakan keluarga,  Bangsa,  Negara dan Agama. Tetap rendah hati dan selalu bersyukur kepada Alloh SWT. “ Jelasnya kepada wartawan.

(Hendri)

 266 total views,  32 views today

Komentar

News Feed