oleh

Kasus Covid 19 Masih Tinggi Meski Warga Bermasker, Ini Saran Direktur Rsud M. Zein Painan

SERGAP.CO.ID

KAB. PESISIR SELATAN, – Upaya peningkatan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terus dilakukan baik melalui himbauan maupun operasi-operasi yustisi.

Namun seperti Rilis Pers dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Pesisir Selatan pada Sabtu siang (17/10), kasus terkonfirmasi positif Covid 19 masih terus bertambah.

Dimana pada hari ini, Sabtu (17/10) diketahui kasus terkonfirmasi positif Covid 19 kembali bertambah sebanyak 20 orang menjadikan total kasus Covid 19 di Pesisir Selatan menjadi 367 (tiga ratus enam puluh tujuh) orang.

” Saat kepatuhan masyarakat sudah meningkat terhadap penggunaan masker yang terstandar, justru yang sering terabaikan adalah untuk cuci tangan,” Ujar Sutarman, Direktur Rsud M. Zein Painan, Sabtu, (17/10).

Menurutnya, hal ini bisa menjadi faktor penyebab masih meningkatnya kasus karena sulit menjamin tangan tidak menyentuh wajah atau masker.

Dipaparkannya, sebuah penelitian tahun 2016 dari New South Wales, Australia, menyebutkan orang-orang menyentuh wajah mereka sekitar 23 kali dalam satu jam.

Hampir setengah dari sentuhan wajah melibatkan mulut, hidung, atau mata yang notabennya menjadi jalur termudah bagi virus dan bakteri memasuki tubuh.

Penyakit saluran pernapasan yang disebabkan corona virus disease 2019 menyebar ketika percikan dahak yang mengandung virus masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, atau tenggorokan.

Akan tetapi menurutnya, yang paling sering terjadi adalah melalui tangan termasuk dari satu orang ke orang lain.

” Selama pandemi global terjadi, salah satu cara paling mudah, penting dan tanpa biaya untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan rutin cuci tangan pakai sabun dan air,” Sebut Sutarman.

(Wempi Hardi. SH)

 638 total views,  38 views today

Komentar

News Feed